facebook

5 Kebiasaan yang Jarang Dilakukan Oleh Orang Bahagia

Rizki
5 Kebiasaan yang Jarang Dilakukan Oleh Orang Bahagia
Ilustrasi bahagia (pexels/Julia Avamotive).

Setiap manusia memiliki cara masing-masing untuk bisa merasakan kebahagiaan dalam hidup. Namun, terkadang sebagian orang mengeluh dengan kehidupannya. Misal tentang bagaimana cara ia bisa hidup bahagia agar keseharian bisa lebih semangat menjalaninya.

Semua tindakan yang kita lakukan selama hidup memiliki kebiasaan yang negatif maupun positif. Apabila ingin memiliki hidup yang bahagia tanpa memiliki penyakit hati, sebaiknya tidak melakukan kebiasaan negatif. Oleh sebab itu, simak ulasan di bawah ini.

1.  Selalu Berpikir Pesimis

Setiap orang pasti menjalani kehidupan memiliki masalahnya masing-masing. Tidak terkecuali orang yang hidupnya bahagia. Namun, orang yang bahagia memiliki cara untuk menghadapi permasalahan dengan cara optimis, meskipun permasalahannya cukup besar.

Menurut mereka, ketika sedang menghadapi permasalahan, ia tidak bersikap galau atau kebingungan untuk menyelesaikannya. Mereka akan menghabiskan waktunya untuk mencari solusi dan eksekusi di setiap permasalahannya. Hal tersebutlah yang membuatnyas tetap optimis menjalani kehidupan.

2. Menyimpan Dendam dengan Orang Lain

Ketika seseorang sedang mengalami permasalahan dengan orang lain, sifat dendam akan tersimpan di hati dan selalu mengungkit kejadian masa lalu. Hal tersebutlah yang membuat seseorang tidak bahagia, lantaran selalu mengutamakan emosi negatifnya.

Orang yang bahagia cenderung untuk mengatur emosinya, agar tidak membebankan pikiran dan kesehatan mental. Hal semacam itulah yang membuatnya bisa memaafkan dan menghilangkan kebiasaan dendam pada kejadian masa lalu.

3. Bergantung dengan Orang Lain

Mungkin sebagian orang memiliki pola pikir kebahagiaan itu harus tergantung dengan orang lain, seperti pacar ataupun sahabat. Karena hal itu, ia cenderung lebih posesif, yang membuatnya merasa bahagia. Dia akan selalu mengkhawatir setiap saat lantaran tidak mau kehilangannya.

Selain itu, sebagian orang menganggap harta benda merupakan cara terbaik untuk mendapatkan kebahagiaan. Memang setiap orang memiliki pola pikirnya sendiri. Namun, bergantung dengan orang lain akan membuatmu selalu membutuhkan setiap saat, dan tidak menemukan kebahagian dengan tanganmu sendiri.

4. Selalu Mementingkan Pendapat Orang Lain

Terkadang sebagian orang selalu memikir pendapat orang lain tentang dirinya sendiri. Hal seperti itu akan memicu untuk tidak tenang, sehingga kita selalu melakukan sesuatu harus tergantung pendapat orang lain.

Orang yang bahagia akan cenderung memperhatikan dan mementingkan pendapat orang terdekatnya, yang memang mereka saling menyayangi. Selain itu, ia bisa memilih mana pendapat negatif maupun positif dari orang lain yang memang bermanfaat baginya. Jika pendapatnya negatif, ia akan segera melupakannya.  

5. Tidak Bersikap Jujur

Kebohongan merupakan tindakan yang tidak terpuji. Sikap seperti ini akan cenderung mudah menyatakan sesuatu hal yang tidak nyata, dan memiliki anggapan bahwa kebohongan adalah cara untuk membuatnya ataupun orang lain bisa lebih tenang. Padahal sifat seperti itu akan menyakiti perasaan orang lain bahkan diri sendiri.

JIka ingin hidup bahagia, kebiasaan bersikap jujur adalah cara yang tepat untuk mengungkapkan ebenaran meskipun ada yang akan dirugikan. Orang yang memiliki sifat seperti ini, cenderung akan bersikap kritis jika menerima suatu pendapat orang lain, seperti ucapan kebohongan maupun kejujuran orang tersebut.

Jika kamu memang ingin hidup bahagia, hindari kebiasaan di atas agar tidak memiliki penyakit hati. Lakukan secara bertahap, lambat laun kamu bisa menjadi kepribadian yang lebih baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak