alexametrics

5 Kiat Memiliki Hubungan yang Sehat dengan Pasangan, Komunikasi Jadi Kunci!

Latifah
5 Kiat Memiliki Hubungan yang Sehat dengan Pasangan, Komunikasi Jadi Kunci!
Ilustrasi pasangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Seringnya pamer kemesraan di media sosial tak berarti bahwa hubunganmu baik-baik saja. Justru hubungan yang sehat, umumnya gak begitu memedulikan bagaimana citra di media sosial kalian berdua.

Hubungan cinta yang sehat, gak hanya membuatmu dan pasangan bahagia, tapi juga mampu membuat diri kalian tumbuh bersama. Dan ini, beberapa kiat untuk membangun hubungan asmara yang sehat. Apa saja?

1. Tidak memasang ekspektasi terlalu tinggi

Kamu mungkin saja punya harapan ketika memiliki pasangan. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan atau kelewat tinggi.

Memasang ekspektasi yang gak realistis, malah bisa membuatmu jadi menuntut banyak hal pada pasangan. Dan itu, menciptakan iklim yang gak sehat dalam hubungan.

2. Menjaga komunikasi berjalan dengan baik

Komunikasi menjadi kunci sebuah hubungan yang sehat. Komunikasi yang buruk, membuat kamu dan pasangan jadi sering berprasangka atau berasumsi. Dan itu, sering kali jadi pemicu pertengkaran.

Di antara cara membangun komunikasi yang baik, adalah biasakan untuk jujur mengenai perasaan masing-masing. Kalau ada yang merasa tersinggung, ungkapkan. Jangan malah curhat ke yang lain-lain.

3. Timbal balik

Bukannya bermaksud pamrih. Akan tetapi, namanya hubungan yang sehat itu dijalani oleh dua orang. Maka, baik kamu dan pasangan punya tanggung jawab bersama untuk menjaga hubungan kalian berjalan dengan semestinya.

Jangan cuma satu pihak saja yang selalu memberi perhatian atau menunjukkan bukti sayang. Hal itu membuat hubungan jadi gak seimbang, dan itu gak baik bagi hubungan.

4. Mampu mengendalikan diri

Yang kerap jadi biang kerok kenapa permasalahanmu dengan pasangan bisa sampai melebar, karena kalian gak bisa mengendalikan diri. Keburu terbawa emosi, tanpa benar-benar melihat masalahnya apa dulu. Sehingga, masalah gak selesai, tapi bertengkarnya hebat.

5. Mau belajar

Bila ada kemauan untuk belajar, kamu gak akan mudah tersinggung ketika ditegur pasangan. Karena pasangan yang baik, harusnya memang begitu. Gak membiarkan orang yang dicintainya selalu terjebak pada lubang kesalahan yang sama.

Dan adanya kemauan memperbaiki diri, akan membuatmu bisa menerima teguran atau kritikan dengan lapang dada dan berbesar hati.

Lakukan kiat-kiat di atas, untuk membuat hubungan yang sedang kalian jalani saat ini, jadi sehat. Hubungan yang bisa membawa kebaikan bagi kalian berdua. Itu, kan, yang kalian mau?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak