alexametrics

4 Langkah Mudah Miliki Pernikahan Bahagia yang Diirikan Banyak Orang

Latifah
4 Langkah Mudah Miliki Pernikahan Bahagia yang Diirikan Banyak Orang
Ilustrasi pernikahan (pexels.com/Soulseeker)

Memiliki pernikahan yang bahagia merupakan impian tiap orang. Akan tetapi faktanya, ada banyak pasangan yang gak mampu mendapatkan rumah tangga seperti yang diidam-idamkan.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan pernikahan yang bahagia dan diirikan banyak orang. Apa saja?

1. Tetap berusaha saling memahami satu sama lain

Ingatkah ketika kalian menjalani masa-masa pendekatan dulu? Ada banyak pertanyaan yang kalian lontarkan, demi mengenali satu sama lain.

Nah, hal itu jangan dihentikan ketika kalian sudah menikah. Karena semakin bertambah usia, orang pasti akan berubah. Selalu berusaha mengenali satu sama lain, supaya kalian jadi tahu apa yang disuka dan dibenci oleh pasangan.

2. Mengakhiri argumen sesegera mungkin

Dalam hubungan, konflik adalah hal yang tak terhindarkan. Kamu dan pasangan pasti pernah mengalami argumentasi.

Ketika itu terjadi, biasakan untuk menyelesaikannya dengan sesegera mungkin. Bila pasangan termasuk orang bertipe butuh waktu untuk berdiam diri dulu, berikan. Namun, setelah itu, langsung cari solusi masalah yang kemarin. Karena menghindari masalah, adalah resep ampuh membuat hubungan kalian selalu didera konflik.

3. Mau mengakui kesalahan

Ada kalanya timbul rasa enggan untuk meminta maaf karena kamu merasa benar, sementara pasangan yang salah. Hanya saja, pola pikir kalah-menang ini hanya akan membawa kerugian bagi hubungan.

Dalam pernikahan, gak ada yang namanya pemenang dan pecundang. Yang ada hanyalah pasangan yang bahagia atau enggak. Nah, pilihan ada di kamu. Mau yang mana? Jadi pemenang tapi berujung pernikahan gak bahagia, atau mengalah, tapi pernikahan terselamatkan dan keharmonisan tetap terjaga?

4. Belajar untuk memaafkan

Memiliki sifat pendendam gak akan bawa pengaruh baik bagi hubungan. Karena semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik itu atau kecil.

Jika ingin hubungan pernikahanmu bahagia, seperti yang diimpikan selama ini, maka belajarlah untuk memaafkan, melupakan, dan selanjutnya move on. Sikap seperti ini, akan menghindarkanmu dari kebiasaan mengungkit-ungkit kesalahan pasangan, yang berdampak buruk bagi hubungan.

Nah, itu dia beberapa langkah yang dapat kamu terapkan untuk memiliki pernikahan yang membahagiakan. Siapa melakukannya bersama pasangan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak