alexametrics

5 Tips Jaga Pernikahan Tetap Aman dari Ancaman Perceraian, Wajib Dicoba!

Riva Khodijah
5 Tips Jaga Pernikahan Tetap Aman dari Ancaman Perceraian, Wajib Dicoba!
Ilustrasi pasangan (pexels/NATASHA LOIS)

Jatuh cinta itu mudah, tapi mempertahankannya yang sulit. Menikah itu gampang, tapi menjaga pernikahan tetap langgeng susah. Butuh usaha dari suami istri, supaya pernikahan yang tadinya indah, tidak berujung pisah.

Agar rumah tanggamu tetap kuat tak mudah goyah ditimpa masalah, berikut ini beberapa kiat yang bisa kamu terapkan supaya bebas dari perceraian, dan pastinya membuat kamu dan pasangan bahagia. Ini dia tipsnya!

1. Mendengarkan pasangan dan berusaha memenuhi keinginannya

Pernikahan menyatukan dua insan yang berbeda. Tak cuma jenis kelaminnya saja yang beda, tapi juga karakter, perangai, kebiasaan, hingga kebutuhan dan keinginannya juga lain.

Supaya pernikahan bisa tetap harmonis dan minim risiko cerai, cobalah mendengarkan kemauan pasangan, dan berusaha memenuhi keinginannya. Jangan paksakan keinginanmu padanya, karena bisa jadi yang menurutmu menarik, bagi dia tidak.

2. Memaklumi kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan pasangan

Sering kali yang memicu pertengkaran antar pasangan, bukanlah perkara besar. Namun masalah sepele yang umumnya berkaitan dengan kebiasaan pasangan. Contohnya lupa meletakkan handuk di jemuran, lupa meletakkan kunci di tempatnya, lupa menutup pintu kulkas dengan rapat, atau lupa menaruh sandal yang habis dipakai di rak sepatu.

Dengan memaklumi kebiasaan-kebiasaan tadi, selain bisa membuat pasangan jadi nyaman hidup bersama denganmu, hal itu juga akan menghindarimu dari stres dan terus-terusan jengkel. Toh, dia tak melakukan itu setiap saat, bukan?

3. Mengagendakan kencan sekali seminggu

Agar hubungan pernikahan tetap sehat, maka perlu dirawat. Salah satu caranya, dengan mengagendakan kencan, setidaknya sekali seminggu.

Walau kiat ini tampak remeh, tapi tanpa disadari, kurangnya waktu yang dihabiskan hanya berdua saja, membuat ikatan emosional antara pasangan lama-kelamaan semakin mengendur.

Di momen kencan ini, kamu bisa membicarakan hal-hal menarik atau melakukan aktivitas-aktivitas baru, yang membuat kamu dan pasangan selalu bergairah dalam menjalani pernikahan.

4. Saling memaafkan dan belajar untuk melupakan

Namanya manusia, pasti pernah melakukan kesalahan. Begitu pun pasangan, yang mungkin di awal tampak seperti sosok sempurna bagimu.

Sulit kiranya sebuah rumah tangga bisa bertahan lama, kalau individu di dalamnya memiliki gengsi yang ketinggian. Saat salah, enggan minta maaf. Sementara terhadap pihak yang melakukan kesalahan, enggan untuk melupakan.

Karena rumah tangga itu nggak cuma berumur setahun dua tahun, tapi seumur hidup, mustahil akan selalu berjalan dengan mulus. Pasti masing-masing memiliki cela yang membuat hubungan jadi naik turun.

5. Luangkan waktu untuk me time

Setiap hari ketemunya pasangan terus, lama-lama juga bisa bosan. Di sinilah perlunya kamu dan pasangan meluangkan waktu untuk me time, yakni melakukan hal-hal yang kalian suka, tanpa bersama pasangan.

Selain mencegah bosan dalam hubungan, me time juga dapat menyebabkan rasa rindu pada pasangan tetap terus terpelihara. Kalau sudah rindu, pasti ingin selalu bertemu dan betah berlama-lama dengan pasangan, bukan?

Nah, dari kelima poin di atas, mana saja yang sudah kamu lakukan bersama pasangan di rumah? Ingat, ya rumah tangga yang harmonis itu tak berjalan otomatis. Kudu ada upaya. Jadi, jangan lelah untuk menerapkan kiat di atas bersama pasangan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak