facebook

3 Cara untuk Mengatasi Writer's Block

Rico Andreano
3 Cara untuk Mengatasi Writer's Block
Ilustrasi Menulis. (Pixabay)

Menulis merupakan seni dalam menuangkan segala isi pikiran yang ada di kepala. Menulis akan meningkatkan daya ingat dan daya nalar dalam menganalisis setiap kejadian yang dialami oleh seseorang.

Menulis bukan hanya enak dibaca, akan tetapi memiliki unsur estetika atau keindahan dalam struktur kalimat dan pemilihan diksi. Menulis bisa menjadi kegiatan positif saat memiliki waktu luang yang banyak terutama saat kondisi pandemi sekarang.

Tak menutup kemungkinan menulis juga bisa menjadi potensi untuk meraup keuntungan dengan profesi sampingan disamping mengisi kegiatan sembari menunggu panggilan pekerjaan.

Berbagai media menawarkan honor apabila karya tulis anda lolos publikasi. Tentunya tulisan harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bila sudah menekuni dalam dunia kepenulisan, maka anda akan terus terpacu untuk meningkatkan daya kreativitas dan akan terus berkarya hingga tulisan anda akan selalu dikenal banyak orang.

Tentunya siapa yang tidak mau tulisannya dikenal banyak orang? Tentunya semua orang pasti mau jika tulisannya dikenal banyak orang. Sebab sesuai dengan petuah bijak "jika anda menulis maka anda ada".

Namun seringkali dalam menulis seringkali anda menemui sebuah blocking atau tiba-tiba saja berhenti menulis. Dalam dunia kepenulisan, istilahnya disebut block writing atau writer's block. Hal itu wajar dalam menulis, baik pemula maupun mahir. Blocking biasanya terjadi saat penulis sudah kehabisan ide yang akan dituliskan.

Tapi jangan khawatir berikut ada tips saat anda mengalami blocking dalam menulis

1.Beristirahat Sejenak

Saat anda mengalami blocking dalam menulis ambil waktu untuk istirahat sejenak. Dengan durasi sekitar 30 - 45 menit maka pikiran anda akan segar kembali dan siap untuk menuangkan ide dalam tulisan.

2. Berjalan Keluar Sejenak

Berjalan keluar rumah untuk menikmati suasana lingkungan bisa anda lakukan saat mengalami blocking dalam menulis. Tapi ingat jangan lupa pakai masker apalagi kondisi sekarang masih dalam pandemi. Dengan demikian anda akan mendapatkan inspirasi dalam menulis.

3. Mencari Sumber Referensi 

Anda juga bisa mendapatkan ide-ide dari sumber berupa buku apapun dan sumber dari internet untuk menambah pengetahuan anda dalam menulis.

Demikian 3 cara yang bisa dilakukan saat anda mengalami blocking dalam menulis. Bagaimana? Mudah bukan? Oke selamat mencoba. Selamat berkarya dan tetap semangat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak