alexametrics

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua saat Memarahi Anak, Membentak!

Latifah
4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua saat Memarahi Anak, Membentak!
Ilustrasi orang tua memarahi anak (freepik.com/peoplecreations)

Sebagai orang tua yang baik, ketika melihat anak berbuat salah, memang harus ditegur, supaya anak jadi tahu bahwa apa yang dilakukannya itu keliru. Hanya saja, terkadang orang tua salah dengan cara mendisiplinkan anak.

Meskipun berniat baik, sebaiknya hindari beberapa kesalahan berikut yang kerap dilakukan orang tua saat memarahi anak. Apa saja?

1. Memarahi anak di depan orang banyak

Sama halnya kamu, yang merasa malu ketika dimarahi di depan umum, begitu pula perasaan anak. Anak pun akan merasa terluka harga dirinya ketika kamu memarahinya di depan umum. Jadi, sebaiknya cari tempat yang lebih terjaga privasinya ketika ingin menegur anak. Supaya ia bisa menerima nasihatmu, tanpa merasa sakit hati karena sudah dipermalukan di depan publik.

2. Membentak anak

Sebagai orang tua, memang gak selamanya suasana hatimu mendukung untuk bisa sabar. Kadang karena capek, kamu jadi gampang emosi ketika melihat perilaku anak yang salah.

Akan tetapi, sebisa mungkin, jangan sampai membentak anak. Karena bisa berpengaruh pada psikologisnya kelak. Ia jadi takut kepadamu, orang tuanya sendiri, sehingga hubungan orang tua-anak jadi berjarak.

3. Memarahi dengan kata-kata kasar

Waspadalah dengan mulutmu, karena hal itu bisa berbekas lama di hati anak. Jika membentak saja harus dihindari, apalagi sampai menggunakan kata-kata kasar.

Berbicara seperti itu dengan orang dewasa tidak sopan, maka jangan lakukan ke anak. Hal tersebut sama saja mengajarinya untuk tidak beretika. Kalau kamu sering berkata kasar pada anak, anak akan mengingatmu sebagai orang tua yang berperilaku kasar. Gak mau, kan?

4. Melakukan kekerasan fisik

Ini pun sering terjadi pada orang tua. Menampar, mencubit, bahkan sampai menendang. Ingat, ya, apa pun alasannya, melakukan kekerasan fisik pada anak tidak akan pernah bisa dibenarkan. Hal itu menunjukkan pengendalian dirimu sebagai orang tua yang masih kurang.

Melakukan kekerasan fisik pada anak, bukan malah baik, tapi bisa merusak psikologis atau mental anak. Anak juga rentan jadi tukang bully, karena ia sering merasa tertekan dengan tindakanmu itu.

Nah, itu dia beberapa kesalahan yang kerap orang tua lakukan pada anak. Mulai sekarang, hentikan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak