alexametrics

4 Cara Asuh Orang Tua yang Malah Menghambat Kreativitas Anak, Hindari!

Riva Khodijah
4 Cara Asuh Orang Tua yang Malah Menghambat Kreativitas Anak, Hindari!
Ilustrasi anak (pixabay.com/LuidmilaKot)

Kreativitas sangatlah penting, apalagi kalau sudah terjun ke dunia kerja. Orang yang kreatif, sangat dicari perusahaan karena biasanya berorientasi pada solusi. Dan kreativitas ini bisa dilatih sejak dini.

Sayangnya, justru karena cara asuh orang tua yang salah, bisa mematikan atau menghambat kreativitas anak, sehingga ketika dia besar, sulit untuk mengambil inisiatif. Karena itu, yuk, hindari beberapa cara asuh salah berikut ini!

1. Berlebihan memuji anak

Memuji anak bisa mendongkrak rasa percaya dirinya. Akan tetapi jika diberikan dalam porsi berlebihan, justru malah bisa mematikan kreativitas anak.

Anak jadinya hanya akan terdorong melakukan sesuatu jika dipuji. Dan mereka jadi berorientasi pada hasil, tapi gak menghargai proses usahanya.

2. Otoriter

Pengasuhan orang tua yang otoriter, juga bisa mematikan kreativitas anak. Anak terbiasa disuruh-suruh atau selalu menuruti keinginan orang tuanya, sehingga tak terlatih untuk mengandalkan daya pikirnya sendiri.

Cobalah untuk lebih memberi kebebasan pada anak. Biarkan dia memilih, dan jelaskan konsekuensi dari masing-masing pilihannya. Pengasuhan demikian, akan melatih anak untuk berpikir, mana yang kira-kira paling baik untuk dirinya.

3. Menuntut anak untuk sempurna

Hati-hati, lho, kendati maksudmu baik, supaya anak berprestasi, tapi menuntut hasil yang sempurna dari anak, malah bisa membuat mereka tertekan. Anak jadi takut untuk bereksplorasi atau mencoba-coba, karena orang tuanya selalu menuntut hasil yang bagus.

Hal tersebut membuat anak jadi gak kreatif. Selalu bermain di sisi aman saja.

4. Selalu menolak permintaan anak

Selalu mengiyakan permintaan anak memang gak baik. Anak jadi manja dan tak bisa memaknai hasil usaha atau kerja keras.

Akan tetapi, selalu menolak permintaan anak, ataupun ide-idenya, bisa mematikan kreativitas anak. Anak jadi malas berpikir, karena hasil pemikirannya selalu dibantah oleh orang tua. Akhirnya sikap ini terbawa sampai dia besar. Malas mikir!

Semua orang tua memang ingin memilih yang terbaik untuk anaknya. Sayangnya, sifat orang tua yang begitu menuntut anak, malah akan menjerumuskan anak jadi gak kreatif. Untuk itu, sebagai orang tua yang baik, hendaknya lebih bijak lagi dalam bersikap, agar tak sampai membawa pengaruh buruk bagi anak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak