alexametrics

4 Hal Sepele tapi Punya Dampak Negatif yang Besar dalam Hidupmu, Apa Saja?

Latifah
4 Hal Sepele tapi Punya Dampak Negatif yang Besar dalam Hidupmu, Apa Saja?
Ilustrasi Malas Bekerja (freepik)

Hal-hal sepele jika selalu dilakukan akan berdampak besar pada kehidupan, baik hal baik, maupun buruk. Hal baik contohnya jalan pagi tiap hari. Meski sepele, tapi kalau dibiasakan, badan jadi sehat.

Begitu pun dengan buruk. Kalau dibiasakan, bisa memicu penyesalan besar dalam hidup. Seperti hal-hal berikut ini yang hendaknya kamu hindari. Apa saja?

1. Tidak mau mengakui kesalahan

Tahu salah, tapi nggak mau mengakui, apalagi minta maaf, dengan alasan gengsi, lama-lama bisa jadi terbiasa. Mungkin awalnya masih timbul rasa bersalah. Tapi kalau sudah berkali-kali, sensor hati nurani lama-lama tumpul. Kamu sudah nggak merasa bersalah lagi untuk tak mengakui kesalahan.

Dampaknya, hubunganmu dengan siapa pun jadi rusak. Kamu tipe orang yang nggak disukai banyak orang. Hidupmu jadi kesepian, karena orang jengah dengan sikap egoismu itu.

2. Terlalu keras pada diri sendiri

Bekerja secara maksimal, dengan perencanaan matang, itu hal yang dianjurkan. Akan tetapi kalau sudah sampai perfeksionis, menuntut terlalu keras pada diri sendiri, justru akan berdampak buruk.

Kamu jadi sulit menoleransi kegagalan. Setiap kali gagal, caramu menghukum diri sendiri keterlaluan. Sikap demikian, malah akan mengikis rasa percaya diri, membuatmu jadi trauma untuk mencoba lagi.

3. Terlalu memikirkan opini orang

Hidupmu akan sulit bahagia dan rentan stres, kalau terlalu memikirkan apa yang dikatakan orang lain. Kamu mesti ingat, nggak semua orang di dunia ini baik hati. Ada saja tipe manusia yang senang melihat orang lain susah, dan nggak rela melihat orang lain senang.

Bila ada saran dan masukan, ambil yang baik, buang yang buruk. Jangan biarkan perkataan orang lain selalu kamu jadikan indikator atau pertimbangan untuk bertindak. Hidupmu jadi didikte orang jika seperti itu.

4. Selalu menunda-nunda

Ada banyak alasan kenapa kamu jadi suka menunda-nunda. Pekerjaannya terlalu banyak, atau ada rasa khawatir akan gagal.

Sebaiknya kebiasaan ini kamu buang jauh. Karena meski sepele, tapi bisa berdampak besar bagi masa depanmu. Sering menunda-nunda, dapat menyebabkanmu melewatkan berbagai kesempatan emas, akibat nggak mau gerak cepat.

Semoga dengan pemaparan di atas, kamu nggak lagi memandang remeh hal sepele tapi bisa berpengaruh besar secara negatif dalam hidupmu. Hindari, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak