facebook

Ingin Cepat Dapat Kerja? Hindari 6 Kesalahan Sepele Ini saat Wawancara!

Latifah
Ingin Cepat Dapat Kerja? Hindari 6 Kesalahan Sepele Ini saat Wawancara!
Ilustrasi diterima kerja (unsplash/CytonnPhotography)

Rasanya pasti senang ketika kamu mendapat panggilan untuk melakukan interview atau wawancara kerja. Setidaknya, hal tersebut menandakan peluangmu untuk mendapat posisi yang sudah kamu incar, tinggal selangkah lagi.

Karena itu, sayang banget kalau kesempatan tersebut harus terlewatkan akibat kamu melakukan berbagai kesalahan yang sebenarnya bisa dihindari. Seperti kesalahan sepele berikut ini. Apa saja?

1. Datang sudah mepet

Walaupun kamu nggak telat, tapi sebaiknya jangan datang terlalu mepet dari waktu yang telah ditentukan. Kalau kamu datang lebih awal, setidaknya kamu masih berkesempatan untuk menenangkan diri, sehingga ketika tiba waktu wawancara, bisa menjawab dengan lebih tenang dan percaya diri.

2. Tidak mencari tahu sebelumnya tentang perusahaan

Saat kamu datang untuk wawancara, ada baiknya sudah mencari tahu mengenai perusahaan tempat kamu melamar, sekaligus tentang posisi yang kamu inginkan. Bergerak di bidang apa perusahaannya, kemudian tugasmu di posisi tersebut kira-kira seperti apa.

Nggak hanya bisa meninggalkan kesan baik di mata pewawancara, kamu pun bisa bertanya mengenai tugasmu nanti jika diterima. Dengan begitu, wawancara kerja bisa berlangsung secara dua arah.

3. Berkata buruk tentang pekerjaan sebelumnya

Meski ada banyak ketidakpuasan yang kamu rasakan di pekerjaanmu yang sebelumnya, dan bisa jadi hal tersebut adalah alasanmu resign, tapi sebaiknya jangan diumbar ketika kamu wawancara. Karena hal tersebut bisa menandakan kalau kamu tipe tukang gosip, tidak berterima kasih, atau tipe orang yang tak bisa dipercaya.

4. Penampilan terlalu cuek

Walaupun kamu tipe yang cuek, tapi jangan kamu lakukan hal itu ketika sedang wawancara kerja. Pilih jenis pakaian formal, supaya pihak perusahaan tahu, bahwa kamu serius untuk mendapatkan posisi tersebut.

5. Tidak mematikan atau mengubah HP jadi nada getar

Ini simpel, tapi bisa berakibat fatal kalau kamu lupa mematikan atau mengubah HP-mu jadi naga getar. Bayangkan, sedang wawancara, kemudian HP-mu menyala dan nada deringnya terdengar ke mana-mana. Duh!

6. Tidak mempersiapkan materi wawancara sebelumnya

Saat ini sudah banyak informasi mengenai pertanyaan yang kira-kira bakal diberikan saat wawancara. Sebelum kamu melakukan wawancara, banyak-banyak baca mengenai materi wawancara, supaya kamu jadi lebih siap.

Nah, itu dia beberapa kesalahan sepele yang mesti dihindari saat wawancara pekerjaan. Jangan lakukan itu, supaya peluangmu mendapat pekerjaan yang kamu nantikan, bisa jadi kenyataan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak