alexametrics

Berbanggalah, Bahasa Indonesia Diajarkan di 10 Negara Ini!

Nur Fadilla
Berbanggalah, Bahasa Indonesia Diajarkan di 10 Negara Ini!
Dio Hasbi Saniskoro.(Pexels.com)

Sudah jadi hal biasa ketika Bahasa Inggris diajarkan diberbagai negara. Namun bagaimana pendapat Anda bila mengetahui ada beberapa negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia ke murid-muridnya? Jadi semakin bangga dengan bahasa negeri ini kan?

Ayo simak 10 negara yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajarannya berikut ini.

1. Vietnam

Negara pertama dari kawasan Asia Tenggara, yaitu Vietnam. Negara yang berada kurang lebih sekitar 1764 Km dari Indonesia ini sejak lama telah mempelajari Bahasa Indonesia. Bahkan salah satu kotanya, yaitu di kota Ho Ci Minh mempelajari Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua.

2. Jepang

Indonesia dan Jepang memiliki hubungan bisnis yang cukup erat. Tidak heran bila negeri matahari terbit itu menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu ilmu untuk dipelajari lebih dalam. Salah satu universitas yang menyediakan jurusan Bahasa Indonesia di Jepang yaitu Tokyo University of Foreign Studies.

3. Korea Selatan

Tidak hanya warga Indonesia yang mempelajari Bahasa Korea, warga Korea Selatan pun ternyata juga memperlajari Bahasa Indonesia. Ada beberapa universitas di Korea Selatan yang membuka program studi Bahasa Indonesia. Misalnya di Busan University of Foreign Studies dan Hankuk University of Foreign Studies.

4. Ukraina

Negara yang dulunya merupakan wilayah Uni Soviet ini juga membuka program studi Bahasa Indonesia di Taras Shevchenko National University of Kyiv sejak 1997. Sempat ditutup karena kekurangan tenaga pengajar, akhirnya kembali dibuka pada tahun 2012.

5. Hongaria

Di universitas Budapest Bussiness School dan University of Applied Science, Anda akan menemukan kelas yang mengajarkan Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan BBS mewajibkan para mahasiswanya menguasai bahasa asing sebelum benar-benar lulus dari universitas itu. Dua bahasa asing untuk lulusan sarjana dan tiga bahasa asing untuk lulusan S-2. Dan kelas Bahasa Indonesia menjadi salah satu kelas yang paling banyak diminati.

6. Australia

Di Australia banyak sekolah-sekolah yang mengajarkan Bahasa Indonesia. Sebagai contoh, Burgmann Anglican School yang berada di ibu kota Canberra. Di sekolah ini, Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di pelajari dari tingkat TK hingga kelas 7.

7. Kanada

Banyaknya orang Indonesia yang bermigrasi ke Kanada menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu ilmu penting untuk dipelajari. Tak heran akan banyak ditemui kelas-kelas Bahasa Indonesia di negeri ini.

8. Hawaii

Hawaii yang merupakan negara bagian Amerika ini juga tertarik mempelajari Bahasa Indonesia. Terbukti banyak universitas yang mengajarkan Bahasa Indonesia. Salah satu contohnya yaitu University of Hawaii at Manoa.

9. Suriname

Salah satu negeri diaspora Indonesia ini juga tertarik mempelajari Bahasa Indonesia. Populasi orang Indonesia yang mencapai sekitar 14% menjadikan Bahasa Indonesia cukup populer di negeri yang juga bekas jajahan Belanda ini.

10. Jerman

Di Jerman, cukup banyak warganya yang tertarik mempelajari Bahasa Indonesia. Terlihat dari banyaknya kelas-kelas Bahasa Indonesia di negeri ini. Pengajarnya pun sebagian besar merupakan orang Indonesia asli.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak