alexametrics

Ide Lomba 17 Agustus Online, Meriahkan Hari Kemerdekaan di Tengah Pandemi

Naufal Ikbar
Ide Lomba 17 Agustus Online, Meriahkan Hari Kemerdekaan di Tengah Pandemi
Ilustrasi Bendera Indonesia. (Pixabay)

Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus selalu identik dengan acara perlombaan. Balap karung, panjat pinang, hingga lomba makan kerupuk digelar di berbagai tempat untuk memeriahkan suasana.

Namun, sejak pandemi Covid-19 berlangsung, berbagai perlombaan itu tak bisa digelar lagi. Sebab, masyarakat harus membatasi kegiatannya di luar rumah.

Dengan adanya kemajuan teknologi, tampaknya kita tak perlu merisaukan hal tersebut. Pasalnya, ada banyak pilihan lomba yang dapat dilakukan secara online. Berikut ini beberapa ide lomba yang dapat diterapkan.

1. Lomba Nyanyi Lagu Daerah dan Nasional

Lomba yang paling memungkinkan untuk dilakukan secara online yaitu menyanyi. Peserta dapat menyanyi dari rumah masing-masing.

Perlombaan dapat dilakukan secara langsung melalui aplikasi Zoom atau Google Meet. Alternatif lain, peserta lomba dapat mengunggah video menyanyi di media sosial mereka masing-masing. Agar semarak kemerdekaan terasa kental, lagu yang dinyanyikan ialah lagu daerah dan nasional.

2. Lomba Kostum Pahlawan

Berbagai media sosial yang ada saat ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana mengadakan perlombaan online, salah satunya Instagram. Ada banyak pilihan lomba yang dapat dilakukan di Instagram.

Salah satu pilihannya yaitu lomba kostum pahlawan. Peserta lomba diharuskan berfoto menggunakan kostum layaknya pahlawan kemerdekaan. Setelah itu, foto diunggah ke media sosial masing-masing.

3. Lomba Tebak Lagu

Tebak lagu bisa menjadi pilihan lomba 17 Agustus yang dilaksanakan secara online. Perlombaan dapat dilakukan melalui aplikasi telekonferensi seperti Zoom atau Google Meet.

Lomba tebak lagu juga dapat dikombinasikan dengan lomba sambung lirik. Lagu-lagu yang dipilih pun dapat disesuaikan dengan tema kemerdekaan.

4. Lomba Puisi

Puisi merupakan salah satu karya sastra cukup dekat dengan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, puisi bisa menjadi pilihan lomba 17 Agustus yang menarik untuk dilakukan. Apalagi, lomba dapat dilakukan secara online.

5. Lomba Cerdas Cermat Online

Lomba lain yang dapat dilakukan secara online ialah cerdas cermat. Hal yang harus disiapkan hanya daftar pernyataan dan aplikasi telekonferensi. Untuk menghadirkan suasana kemerdekaan, pertanyaan yang diberikan dapat menggunakan tema sejarah Indonesia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak