alexametrics

5 Tanaman Ini Ternyata Ampuh Mengusir Nyamuk!

Nur Fadilla
5 Tanaman Ini Ternyata Ampuh Mengusir Nyamuk!
Ilustrasi Lavender. (Pixabay)

Culicidae atau nyamuk merupakan salah satu serangga yang sangat mengganggu. Gigitannya yang membuat kulit kemerahan dan terasa gatal kerap kali membuat kita kesal.

Apalagi kalau jenis nyamuknya Aedeas Aegypti, bukan cuma kesal tapi mengkhawatirkan. Pasalnya nyamuk jenis ini penyebab penyakit demam berdarah.

Ada beberapa alternatif untuk mengusir nyamuk. Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu dengan menanam jenis tumbuhan yang tidak disukai nyamuk. Lantas tanaman apa saja itu? Cek selengkapnya!

1. Lavender

Lavandula atau bunga lavender sudah lama dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Bunga lavender memiliki aroma yang disukai manusia tapi tidak disukai nyamuk. Anda bisa menanam bunga ini di depan pekarangan rumah anda atau di bawah jendela agar nyamuk tidak memasuki rumah anda.

2. Serai

Selanjutnya ada serai atau sereh. Sekilas bentuk tanaman ini menyerupai rerumputan. Tidak hanya terkenal sebagai tanaman rempah-rempah dan baik untuk kesehatan, sereh juga terkenal dengan kemampuannya mengusir nyamuk. Pasalnya sereh juga memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Sehingga ampuh menjauhkan rumah kita dari nyamuk.

3. Kemangi

Sudah tahukah anda, bahwa daun kemangi atau basil tidak hanya enak dijadikan lalapan tapi juga ampuh mengusir nyamuk? Aroma lemon yang dihasilkan tanaman rempah daun ini juga ampuh menjauhkan rumah kita dari serangan nyamuk.

4. Daun mint

Suka mengkonsumsi teh daun mint? Sudah tahukah fakta bahwa daun mint juga bisa mengusir nyamuk? Ya, daun mint tidak hanya enak dikonsumsi. Daun mint juga bisa diandalkan untuk mengusir berbagai serangga seperti nyamuk dan semut. Anda hanya perlu menanam tanaman ini di area sekitar rumah anda.

5. Bawang-bawangan

Terakhir yaitu tanaman yang sering kita jadikan bumbu dalam tiap masakan kita, aneka tanaman bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, bawang daun, kucai, lokio, dan bawang perai. Aroma yang tajam dari tanaman ini sangat tidak disukai nyamuk sehingga cukup ampuh mengusir nyamuk dari rumah kita.

Nah, bagaimana? Selain bisa berfungsi sebagai pengusir nyamuk, beberapa tanaman di atas bisa anda manfaatkan sebagai bumbu dapur juga. Sehingga setidaknya bisa meringankan biaya rumah tangga anda. Menarik bukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak