facebook

4 Jenis Permasalahan Keuangan dalam Rumah Tangga, Kebanyakan Duit!

Riva Khodijah
4 Jenis Permasalahan Keuangan dalam Rumah Tangga, Kebanyakan Duit!
Ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Polina Zimmerman)

Ada berbagai permasalahan yang kerap muncul saat kamu berumah tangga. Salah satunya adalah persoalan keuangan. Seperti beberapa jenis masalah keuangan yang akan dibahas di bawah ini. Apa saja?

1. Kekurangan uang

Permasalahan ini yang kerap dialami pasangan menikah. Itulah kenapa sebelum memutuskan menikah, ada baiknya sudah memiliki kecukupan finansial. Karena meski uang tak menjamin bahagia, tapi tanpa uang, bisa merana.

Kalau masih jadi pengangguran, ada baiknya tunda dulu rencana menikahmu, sampai kamu mendapat pekerjaan. Karena masalah kekurangan uang ini, gak hanya akan berdampak pada dirimu sendiri, tapi juga kesejahteraan anak-anakmu nanti. Sebagai orangtua, kamu gak mau, kan, kalau anakmu selalu hidup dalam kekhawatiran karena selalu kurang uang?

2. Kebanyakan uang

Uang memang ibarat dua sisi mata pedang. Kalau salah menggunakan, bisa melukai. Termasuk melukai hubungan pernikahanmu dengan pasangan.

Bagi suami, banyaknya uang jadi ujian loyalitas. Sudah bukan rahasia lagi, ketika suami sukses, jadi lupa dengan keluarga, dan akhirnya berselingkuh. Kantong sudah tebal soalnya, jadi banyak yang mau.

Sementara saat istri memiliki penghasilan lebih besar, bisa jadi tantangan tersendiri bagi rumah tangga. Karena istri bisa terjebak pada sikap arogan. Merasa paling berkuasa di rumah tangga, dibanding suami.

3. Kurang terbuka

Sikap kurang terbuka mengenai keuangan, juga jadi polemik dalam pernikahan. Sebagai contoh, istri sembunyi-sembunyi belanja yang tak perlu demi memuaskan hasrat pribadi. Atau suami yang gak jujur memberi tahu besar gaji pada istri, karena sisa uangnya ingin dipakai untuk membiayai berbagai hobi.

4. Tidak adanya perencanaan

Menikah bukan perkara akad dan resepsi saja. Tapi merupakan perjalanan panjang dari babak baru kehidupan. Dan ini yang mesti direncanakan dengan matang. Kalau enggak, bisa keteteran.

Bagaimana dengan biaya melahirkan nanti, pendidikan anak, belum lagi buat kamu yang menopang kebutuhan orangtua. Semua itu mesti ada perencanaan yang seksama. Kalau tidak, sering jadi pemicu pertengkaran dan penyebab renggangnya hubungan.

Nah, itu dia beberapa jenis permasalahan keuangan yang biasa mendera kehidupan berumah tangga. Menurutmu permasalahan keuangan apalagi yang sering dialami pasangan menikah?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak