alexametrics

Sering Minder? Ini 4 Tips untuk Dongkrak Rasa Percaya Diri Kamu

Riva Khodijah
Sering Minder? Ini 4 Tips untuk Dongkrak Rasa Percaya Diri Kamu
Ilustrasi Pria Percaya Diri. (pexels.com/Flávio Santos)

Rasa minder bisa dialami siapa saja. Dari anak kecil, hingga dewasa. Perasaan ini umum terjadi ketika melihat ada orang lain yang lebih. Lebih pintar, lebih berprestasi, lebih kaya, lebih cantik, lebih tampan, dan lebih lainnya.

Sebenarnya, orang-orang yang kamu anggap lebih itu, punya kekurangan juga. Kekurangannya mungkin berbeda denganmu. Makanya, kamu nggak perlu merasa minder. Coba dongkrak rasa percaya diri yang kamu punya, dengan tips berikut ini!

1. Terima kelebihan dan kekurangan diri

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan supaya bisa percaya diri, adalah dengan mencintai diri sendiri. Yakni dengan menerima kelebihan, maupun kekurangan yang ada dalam dirimu.

Ingat, lho, tiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu, nggak perlu minder, ketika melihat orang lain yang kamu anggap lebih wah. Boleh jadi, ada orang lain yang juga menganggap wah, lho!

2. Menjaga penampilan

Kamu nggak mesti memakai skincare jutaan, atau harus ahli merias diri untuk bisa pede. Yang penting, kamu selalu jaga penampilanmu agar bersih dan tidak bau. Percuma juga riasan tebal dan bagus, tapi pas bicara, mulutnya bau.

Ini pun harus diperhatikan oleh para cowok. Jangan mentang-mentang cuek, kamu nggak peduli dan nggak sadar kalau badanmu itu mengeluarkan bau yang tak sedap. Bikin orang nggak nyaman, lho!

3. Bersikap ramah

Mereka yang kamu lihat begitu supel dan luwes dalam bergaul, nggak tiba-tiba langsung seperti itu. Semuanya hasil dari latihan dan praktik.

Daripada kamu hanya bisa menyimpan rasa iri, mending latih saja keberanianmu mulai dari sekarang. Misalnya, dengan bersikap ramah pada orang lain. Mulai dari senyum dan sapa. Kalau ada yang tak membalasmu dengan sama, tak masalah. Setidaknya kamu sudah dapat satu poin karena sudah mencoba ramah.

4. Terus belajar

Mendapatkan ilmu, saat ini banyak banget sarananya. Buku yang dulu harus kamu bawa-bawa, sekarang bisa diakses dengan praktis lewat gadget. Ilmu yang dulu hanya bisa didapat di seminar, kini bisa kamu akses lewat media sosial atau dengan menonton video online.

Teruslah belajar supaya kamu berwawasan. Karena hal itu bisa mendongkrak rasa percaya diri. Ketika kamu diskusi, cara pandangmu jadi luas dan terbuka. Karena memang dasar ilmumu sudah dalam.

Tuh kan, ternyata nggak sulit-sulit amat, kan untuk melatih dirimu punya rasa percaya diri yang tinggi. Yang penting, kamu melakukan tips tadi dengan konsisten!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak