alexametrics

Rekomendasi Aplikasi Perpustakaan Digital Terbaik, Bisa Baca Ebook Gratis

Naufal
Rekomendasi Aplikasi Perpustakaan Digital Terbaik, Bisa Baca Ebook Gratis
Ilustrasi membaca ebook di aplikasi perpustakaan digital. (Pixabay/Perfecto_Capucine)

Di zaman serba digital seperti sekarang ini banyak kebiasaan yang telah berubah. Dalam membaca buku misalnya, kini banyak orang yang lebih senang membaca versi ebook daripada cetak.

Bila buku versi cetak dapat dipinjam melalui perpustakaan, begitu juga dengan ebook. Kini ada banyak aplikasi perpustakaan digital yang menyediakan ebook secara gratis dan legal.

Hal ini tentu akan sangat membantu mereka yang ingin mencari ebook untuk referensi atau sekadar mengisi waktu luang.

Berikut ini merupakan rekomendasi aplikasi perpustakaan digital yang dapat digunakan untuk membaca ebook secara gratis dan legal.

1. iPusnas

iPusnas merupakan aplikasi resmi milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas). Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam koleksi bacaan, mulai dari fiksi hingga non-fiksi.

Untuk menggunakan aplikasi iPusnas sangat mudah, penggunaan hanya perlu membuat akun atau masuk menggunakan Facebook.

Setelah akun selesai dibuat, pengguna dapat mulai mencari ebook yang ingin dibaca. Jika ebook tersedia akan muncul di kolom pencarian.

Langkah selanjutnya, pengguna hanya perlu mengunduh ebook tersebut. Ebook kemudian secara otomatis akan masuk ke dalam rak dan siap dibaca. Aplikasi bisa dibilang menjadi yang terbaik. Sebab koleksi yang disediakan lebih lengkap dari aplikasi sejenis.

Tampilan aplikasinya pun mudah dipahami dan tidak membuat bingung pengguna. Namun, aplikasi terkadang tidak stabil dan sering tertutup sendiri.

2. ePerpus

Aplikasi ePerpus merupakan perpustakaan digital yang diluncurkan oleh penerbit Gramedia. Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam koleksi ebook dan majalah.

Koleksi ebook yang ada pun terdiri dari berbagai macam genre, mulai dari fiksi hingga non-fiksi. ePerpus. Untuk mengakses aplikasi ini, yang diperlukan ialah hanya membuat akun dengan email aktif.

Bila dibandingkan dengan ePerpus, koleksi ebook di aplikasi ini sangat sedikit. Bahkan untuk satu judul buku kebanyakan hanya tersedia satu eksemplar saja.

Tampilan aplikasinya pun tidak sebaik iPusnas. Awalnya agak sulit untuk menemukan kolom pencarian buku berdasarkan kategori tertentu.

3. ePerpusdikbud

ePerpusdikbud adalah aplikasi perpustakaan digital milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Aplikasi ini dikembangkan oleh developer yang sama dengan ePerpus. Sehingga tata cara dan tampilan aplikasi ini mirip dengan ePerpus.

Koleksi eBook yang ada di dalam aplikasi ini terdiri dari berbagai genre, namun sayangnya koleksinya tidak cukup banyak.

4. Adhyaksa Digital Library

Kejaksaan Agung ternyata memiliki aplikasi perpustakaan digital. Aplikasi tersebut diberi nama Adhyaksa Digital Library.

Dalam aplikasi tersebut, ebook yang ada kebanyakan merupakan non-fiksi. Ebook bertema politik, hukum, dan sosial menjadi koleksi yang mendominasi Adhyaksa Digital Library.

Sama dengan aplikasi lain, pengguna diharuskan membuat akun terlebih dahulu.

5. Let’s Read

Aplikasi yang satu ini merupakan perpustakaan digital khusus buku anak. Koleksi yang dimiliki oleh Let’s Read berbentuk buku cerita bergambar.

Untuk mengakses aplikasi ini, pengguna tidak diharuskan membuat akun. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan buku cerita dari berbagai bahasa, mulai dari Indonesia, Inggris, Melayu, hingga Jepang.

Itulah daftar rekomendasi aplikasi perpustakaan digital menyediakan ebook yang dapat dibaca secara gratis dan legal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak