alexametrics

4 Tanda Orang-orang Terdekatmu Ternyata Toksik, Jaga Jarak dari Mereka!

Latifah ..
4 Tanda Orang-orang Terdekatmu Ternyata Toksik, Jaga Jarak dari Mereka!
Ilustrasi sedang mumet (pexels)

Meski orang dekat, tak menjamin bahwa hubungan yang sedang terjalin, baik itu hubungan keluarga, pertemanan, rekan kerja, dan sebagainya, akan berjalan dengan baik. Malah banyak hubungan yang ternyata bersifat toksik.

Supaya kamu gak terus terjebak di dalamnya, kenali beberapa tanda kalau orang-orang terdekatmu ternyata toksik. Apa saja?

1. Sering mengkritik

Bila selama kamu menjalin hubungan dengan seseorang, dan dia selalu mengkritik. Sampai kamu merasa, kalau apapun yang kamu lakukan itu pasti salah, maka hal tersebut pertanda dia punya sikap toksik.

Kritikan, terutama yang disampaikan oleh orang-orang terdekatmu, bisa merusak mental. Kamu jadi gak percaya diri akibat seringnya dikoreksi terhadap keputusan-keputusan yang kamu ambil.

2. Sering menyalahkan

Orang yang gak beracun, berani mengakui kesalahan, dan bukan malah menunjuk kamu jadi kambing hitam. Sementara orang toksik, gak mau dibilang. Meski sudah jelas-jelas keliru, dia akan berusaha mencari pembenaran, misalnya dengan menyalahkanmu.

Sebagai contoh, ia marah besar, sampai melakukan tindak kekerasan. Jelas-jelas yang salah adalah dirinya karena gak bisa mengendalikan diri. Tapi, bilangnya malah, “Tuh, kan, gara-gara kamu, aku jadi emosi”. Ada orang terdekatmu yang seperti ini?

3. Tidak dihormati

Relasi yang sehat, harusnya ada saling menghormati di dalamnya. Itu bisa dibuktikan dari hal simpel, seperti memperhatikan saat kamu sedang berbicara. Bukan malah asyik main HP, sementara kamu begitu antusias bercerita padanya.

Minimnya rasa hormat, menunjukkan kalau kamu gak jadi prioritas di dalam kehidupan mereka. Dan kalau perlakuan seperti itu terus terjadi, bisa membuatmu rendah diri, karena menyebabkanmu merasa gak layak untuk disayang atau dihormati.

4. Sering berbohong

Hubungan yang baik, terjalin dengan landasan saling percaya yang kuat. Itu akan sulit terwujud, kalau orang-orang terdekatmu punya hobi berbohong.

Hal tersebut akan memicu hubungan yang toksik, karena meski kamu menerima penjelasan mereka, tapi dalam hatimu jadi selalu bertanya-tanya dan menaruh rasa curiga.

Hidup ini memang diisi manusia dengan berbagai macam karakter. Ada yang baik, ada pula yang toksik. Bila ternyata orang terdekatmu menunjukkan tanda-tanda di atas, gak perlu terus mempertahankan kedekatan dengan mereka. Karena kamu yang bakal jadi korban.

Cari saja lingkungan lain yang lebih positif. Orang-orang yang bisa kamu percaya, dan benar-benar membuatmu merasa dicintai seperti seharusnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak