facebook

Jaga Kelembapan Kulitmu dengan Banyak Mengonsumsi Ini!

Desyta Rina
Jaga Kelembapan Kulitmu dengan Banyak Mengonsumsi Ini!
Ilustrasi Kulit Sehat. (Pixabay)

Kulit yang kering dan kusam tentu terasa tidak nyaman dan tidak bagus dilihat, oleh karena itu kita tidak bisa hanya merawat kulit agar terlihat cerah, namun juga kelembapannya agar kulit kita sehat. Kondisi seperti ini biasanya terjadi saat tubuh mengalami kekurangan cairan, vitamin, atau saat musim angin datang.

Mengutip dari KlikDokter, kulit yang lembab adalah kulit yang memiliki kandungan air yang cukup sehingga sel-sel kulit dapat secara optimal menjaga fungsinya. Akibat dari kulit yang kering diantaranya adalah kulit terlihat kusam yang tidak bagus dipandang mata. Hal itu juga bisa menyebabkan kulit kita menjadi lebih sensitif, mudah iritasi, gatal-gatal, dll.

Untuk mengatasi hal tersebut ada banyak cara yang bisa dilakukan, pada intinya kita harus bisa menjaganya dari luar dan dalam tubuh. Menggunakan body lotion serta sunscreen adalah salah satu cara untuk menjaga kelembapan kulit dari luar.

Kemudian untuk menjaga dari dalam, hal itu bisa dilakukan dengan mengonsumsi 4 makanan dan minuman dibawah ini:

1. Air putih

Air putih sudah terkenal akan manfaatnya yang banyak bagi kesehatan tubuh termasuk kulit kita, meminum air dengan takaran yang pas sesuai dengan kebutuhan sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Dengan mendapat hidrasi yang baik maka kulit kita akan nampak sehat.

2. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin C dan E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, jika anda tidak terlalu suka dengan rasa atau tekstur buahnya, anda bisa menggunakan alpukat sebagai masker. Campurkan 1 sdt madu dengan daging alpukat yang sudah dihaluskan, kemudian diberi 1sdt air, masker alpukat sudah siap digunakan.

3. Tomat

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam buah ini sangat cocok digunakan untuk melembabkan kulit, anda bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi jus. Sama seperti alpukat anda juga bisa menjadikan tomat sebagai masker rutin, namun anda hanya perlu memotongnya bulat-bulat dan ditempelkan pada wajah.

4. Timun

Mengutip dari Lombokita, mentimun memiliki silica yang berfungsi untuk menjaga dan menunda penuaan pada jaringan ikat. Nah jaringan ikat inilah yang menjaga keremajaan kulit kita. Salah satu caranya adalah dengan memakai masker timun secara rutin.

Itulah 4 makanan dan minuman yang bisa membantu melembapkan kulit kita, dengan bahan sesederhana itu mendapat kulit yang sehat bukanlah sesuatu yang mahal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak