facebook

5 Risiko Jika Kamu Sering Mengeluh tentang Pasangan pada Orang Lain

Latifah ..
5 Risiko Jika Kamu Sering Mengeluh tentang Pasangan pada Orang Lain
Ilustrasi pasangan. (pexels.com/Katerina Holmes)

Ketika dua insan menyatu, pastilah ada hal-hal yang nggak sreg atau menimbulkan perseteruan. Namanya juga dua orang yang masing-masing punya pemikiran, selera, kebiasaan, serta keinginannya sendiri-sendiri. Wajar, kalau ada satu dua hal yang bikin kamu nggak suka.

Ketika itu terjadi, dan cukup mengganggu, sebagai pasangan yang baik, harusnya bisa membicarakannya dengan terbuka. Langsung disampaikan ke pasangan. Bukan malah bercerita di belakang.

Karena namanya dibicarakan di belakang, itu selalu nggak mengenakkan. Nah, ada beberapa risiko bila kamu sering mengeluh tentang pasangan pada orang lain. Simak baik-baik!

1. Kamu jadi terlatih untuk melihat kekurangan pasangan

Kalau keluhan mengenai kekurangan pasangan ini dilakukan berulang-ulang, nantinya kamu jadi terlatih untuk selalu melihat sisi buruk dari pasangan. Tentu ini sangat berbahaya bagi hubungan.

Kamu jadi sering sebal, dan bahkan tidak menghargai pasangan. Karena, ya, itu tadi, yang dilihat kekurangannya saja.

2. Merusak citra dirimu sendiri

Membicarakan keburukan orang lain, meski itu pasangan sendiri, apalagi jika dilakukan sering sekali, akibatnya akan merusak citra dirimu sendiri. Orang akan melihatmu sebagai tukang mengeluh atau tukang gosip.

Orang jadi sulit percaya padamu. Karena berpikirnya, pasangan aja diomongin, apalagi teman atau orang yang nggak dekat-dekat banget denganmu.

3. Sering menuntut

Karena terbiasa melihat kekurangan pasangan, kamu berubah jadi pribadi yang sulit bersyukur. Akibatnya, sikapmu jadi sering menuntut. Karena kamu nggak bisa menerima diri pasangan apa adanya.

4. Pasangan akan sakit hati

Keborokan yang ditutup-tutupi, lambat laun akan terbuka juga. Kebiasaanmu yang sering mengeluhkan kekurangan pasangan, berpeluang ketahuan. Dan ketika itu terjadi, pasangan akan merasa sakit hati serta dikhianati.

5. Hubungan nggak akan berkembang

Hubungan yang sehat, adalah yang mampu berkembang. Masing-masing bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, hal itu akan sulit tercapai kalau kamu nggak bisa bersikap dewasa untuk berani berkata jujur pada pasangan mengenai sikapnya yang nggak bikin kamu sreg itu. 

Menegur pasangan atas kekeliruan atau sikapnya yang nggak berkenan di hati pastinya bikin kamu nggak nyaman. Akan tetapi, hal itu jauh lebih baik, daripada diam-diam sering mengeluhkan sikapnya di belakang. Hal tersebut akan menyakiti hati pasangan. Jadi, jangan dilakukan lagi, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak