alexametrics

Salah Kaprah, 5 Tips Perawatan Wajah ini Ternyata Mitos

Funcrev Id
Salah Kaprah, 5 Tips Perawatan Wajah ini Ternyata Mitos
Ilustrasi menggunakan skincare. [unsplash]

Pernahkah kamu mendengar desas-desus tentang penggunaan skincare atau perawat kulit yang di pikiran kamu sendiri saja hal itu sudah terbilang aneh. Biasanya hal tersebut muncul karena informasi yang dibagikan tidak secara lengkap atau hanya berdasarkan "katanya". Hal-hal seperti ini masih banyak ditemukan terutama di kalangan remaja bahkan orang dewasa sekalipun.

Dilansir dari Base, berikut lima mitos skincare yang banyak membuat orang salah kaprah.

1. Memencet jerawat dapat menghilangkan sepenuhnya

Siapa nih yang masih percaya dengan yang satu ini? Mitos ini memang tidak sepenuhnya salah.

Melihat jerawat yang membengkak merah dengan titik putih yang mencuat di tengah jerawat, membuat kita terlena untuk mengeluarkan cairan putih tersebut. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun intinya, jangan memencet jerawat sendiri.

Mengeluarkan cairan putih seperti pada jerawat pustula sering dilakukan oleh dermatologist agar obat jerawat lebih efektif dalam membunuh bakteri yang tersisa di dalam jerawat tersebut.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua tipe jerawat harus dikeluarkan cairan putihnya seperti yang dikutip dari Healthline yang diulas secara medis oleh Cynthia Cobb, DNP, APRN. Oleh karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya untuk tidak memencet jerawat dan membiarkannya hilang dengan sendirinya.

2. Kulit berjerawat karena akibat dari mencuci wajah

Mencuci wajah dengan tidak bersih dapat menjadi salah satu faktor munculnya komedo putih maupun hitam. Tak hanya itu terlalu sering mencuci muka dengan kasar juga dapat membuat kulit menjadi lebih kering.

Pada akhirnya membuat kulit akan memproduksi minyak berlebih untuk mencoba melebabkan kembali dan hal  ini justru dapat menjadi faktor terbentuknya komedo.

Mencuci muka memang mempunyai peran cukup kecil dalam terbentuknya jerawat. Menurut uji coba terkontrol secara acak yang diadakan oleh Joanna M. Choi, Vincent K. Lew dan Alexa B. Kimball menyatakan jika tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok yang mencuci muka sekali, dua kali, empat kali selama 6 minggu pada pertumbuhan jerawat yang meradang. 

Namun terdapat perbedaan signifikan pada penambahan komedo hitam maupun putih pada kelompok yang mencuci muka sekali. Dapat disimpulkan cuci muka tidak memiliki dampak besar terhadap pertumbuhan jerawat yang meradang.

3. Produk skincare bekerja jika kulit merasakan panas atau perih

Di antara mitos lainnya mungkin yang satu ini terbilang paling aneh didengar. Kulit terasa perih atau terbakar justru karena disebabkan oleh ketidakcocokan antara kulit dengan skincare yang digunakan. 

Mengutip dari The Healthy, jika kulit terasa panas atau bahkan ada rasa tersengat saat diolesi atau menggunakan suatu produk, hal itu menandakan bahwa produk tersebut tidak cocok dengan kulit Anda. Biasanya hal ini terjadi karena mungkin saja kulit Anda alergi dengan salah satu bahan yang terkandung dalam produk tersebut.

Untuk dapat mengetahui produk tersebut cocok atau tidak dengan kulit, Anda dapat mengukur dengan cara melihat seberapa lama sensasi tersebut bertahan.

Rasa panas atau menyengat memang wajar, tapi sensasi ini seharusnya hanya berlangsung selama sekitar satu menit. Jika rasa panas atau tersengat tersebut terus terjadi dalam waktu yang lama, bisa jadi produk skincare yang Anda gunakan tidak cocok.

4. Tidak perlu menggunakan pelembab jika tipe kulit wajah kamu berminyak

Kulit berminyak bukan berarti kulit memiliki kandungan air yang cukup. Sering dengar kan kurang minum akan menyebabkan dehidrasi? Sama dengan kulit yang merupakan organ terbesar di tubuh ini juga memerlukan pelembab walupun kulitmu terasa berminyak.

Disadur dari Healthline, Dr. Sandra Lee, yang biasa dikenal sebagai Dr. Pimple Popper mengatakan bahwa setiap tipe jenis kulit membutuhkan pelembab, hanya saja untuk kulit berminyak harus lebih waspada dalam memilih bahan aktif yang terkandung dalam pelembab tersebut. 

Untuk mengetahui lebih lanjut bahan aktif apa yang cocok dengan tipe kulit wajah kamu silakan ambil skin test terlebih dahulu, dan kalau kamu bingung dengan rutinitas skincare seperti apa yang cocok untuk kamu kamu dapat berkonsultasi dengan spesialis kulit.

5. Jerawat akan hilang seiring bertambahnya umur

Merasa terbohongi dengan mitos terkenal ini? Jerawat tidak akan hilang hanya dikarenakan kamu bertambah umur atau jerawat tidak hanya hadir untuk remaja saja. Singkatnya, jerawat disebabkan oleh sebum, minyak berlebih dan bakteri. Semua faktor sebut dipengaruhi oleh gaya hidup, hormon dan genetik tanpa memandang umur.

Itulah tadi lima mitos perawatan wajah yang masih banyak dipercaya hingga saat ini, kira-kira di poin berapa yang masih kamu percaya? Untuk memastikannya lebih lanjut kamu dapat berkonsultasi dengan ahlinya agar tidak lagi bingung, apalagi sampai merusak kulit kamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak