alexametrics

Sibuk Belum Tentu Produktif, Ini Perbedaannya!

Lintang Larissya
Sibuk Belum Tentu Produktif, Ini Perbedaannya!
Ilustrasi Bekerja. [pexels.com]

Seringkali disalah artikan mengenai kegiatan yang sibuk berarti orang tersebut sudah produktif. Tapi tahu kah kamu, sibuk dan produktif adalah dua hal yang berbeda. Sibuk tidak sama dengan produktif. Ketahui perbedaannya agar tidak salah yaa..

1. Pemilihan Prioritas

Orang sibuk adalah orang yang tidak bisa meluangkan waktu untuk keluarga, teman, atau bahkan waktu istirahat untuk dirinya sendiri. Semua hal baik yang penting maupun tidak penting menyita waktunya. Hasilnya adalah orang tersebut akan over-work bahkan bisa sampai burn out.

Sedangkan orang yang produktif mengetahui prioritasnya. Mana yang lebih penting dan mendesak. Mereka berfokus pada hal yang harus diselesaikan lebih dahulu dan mana pekerjaan yang dapat ditunda.

2. Efesiensi Waktu

Pernah melihat seseorang yang memiliki pekerjaan yang sama tapi ada yang lembur dan ada yang pulang tepat waktu? Hal tersebut berkaitan tentang efisiensi waktu.

Orang produktif lebih efisien dalam menggunakan waktunya karena mereka sudah menata jadwal dan rencana yang matang tentang apa saja yang harus dikerjakan dan diselesaikan pada hari itu. Mereka tidak menyelesaikan semua pekerjaan, namun mereka berhasil menyelesaikan semua hal yang penting dan harus diselesaikan pada hari itu juga.

3. Multitasking? NO!

Melakukan sesuatu dengan multitasking memang terlihat menggiurkan. Dalam pikiran seseorang, multitasking dapat menyelesaikan bermacam-macam pekerjaan sekaligus dan dapat meningkatkan produktifitas.

Faktanya, multitasking membuat seseorang hilang fokus dan membuat seseorang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan satu pekerjaan.

4. Jangan Menunda Pekerjaan

Jangan pernah menunda pekerjaan, ealaupun itu pekerjaan kecil dan sepele. Fokus untuk menyelesaikan pekerjaan itu terlebih dahulu dan pastikan pekerjaan tersebut benar-benar selesai. Jangan sampai ditunda atau berhenti di tengah jalan.

Orang yang produktif pasti akan mengenyampingkan hal-hal yang menganggu fokusnya, ia akan mulai 'bebas' ketika pekerjaan tersebut sudah selesai.

5. Cara Bertindak dan Berpikir

Seseorang yang cenderung sibuk kerja akan bertindak lebih dahulu tanpa berfikir.

Namun, untuk orang yang produktif malah sebaliknya. Orang yang produktif akan berfikir terlebih dahulu untuk segala kemungkinan yang terjadi.

Baik bekerja atau belajar, kamu harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, jangan sampai pekerjaan tersebut dapat mempengaruhi kehidupanmu masa depan yang akan berujung dengan penyesalan. Jadi selama ini kamu menjadi orang yang produktif atau sok sibuk nih? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak