alexametrics

4 Jenis Perkataan yang Sebaiknya Jangan Terucap saat Wawancara Kerja

Riva Khodijah
4 Jenis Perkataan yang Sebaiknya Jangan Terucap saat Wawancara Kerja
Ilustrasi suasana kerja (pexels/August de Richelieu).

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu para pencari kerja, adalah panggilan wawancara kerja. Karena artinya, satu langkah lebih dekat menuju posisi pekerjaan yang sudah diincar.

Tentu kamu nggak mau kan, melewatkan kesempatan yang nggak semua orang bisa dapat? Maka dari itu, yuk ketahui jenis perkataan apa saja yang sebaiknya kamu hindari saat melakukan interview kerja. Simak pembahasannya lebih lanjut!

1. “Mohon maaf, perusahaan ini bergerak di bidang apa?”

Duh, pertanyaan tersebut fatal banget lho, kalau sampai keluar dari mulutmu saat wawancara kerja berlangsung. Karena artinya, kamu nggak melakukan riset dulu, perusahaan apa yang hendak kamu lamar. Ini bisa memberi sinyal pada HRD, bahwa kamu nggak benar-benar serius atau tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Sebelum kamu melamar, sebaiknya cari tahu dulu, perusahaan yang hendak kamu sasar itu bergerak di bidang apa. Dan apakah nantinya sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

2. “Mohon maaf, saya anggak grogi”

Wajar kok kalau kamu gugup ketika tes wawancara kerja. Akan tetapi, nggak perlu diungkapkan. Cukup simpan dalam hati aja.

Karena kalau kamu utarakan, nantinya pihak pewawancara akan melihatmu belum siap untuk mengisi posisi yang diminta. Saat wawancara saja sudah gugup dan grogi, gimana kalau nantinya diberi tugas yang lebih berat lagi?

Untuk mengatasi rasa gugup, jauh-jauh hari sebelumnya, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan jenis-jenis pertanyaan yang umum diberi saat wawancara berlangsung. Oleh sebab itu, kamu punya ancang-ancang.

3. “Informasi itu sudah ada di CV saya”

Pewawancara itu bisa baca, kok. Kalau mereka menanyakan hal yang sebenarnya sudah dijelaskan di CV, bukan berarti mereka belum tahu. Tapi, ingin mendengar secara langsung bagaimana penjelasanmu. Siapa tahu, ada informasi baru yang mereka butuhkan, untuk mengertahui, kamu kandidat yang cocok atau engnggak. Jadi, jelaskan saja dengan percaya diri, ya!

4. “Maaf saya terlambat, hehe…”

Ini salahnya udah banyak banget, sih. Nggak hanya kamu sudah terlambat, tapi pakai cengengesan pula. Kalimat tadi, bisa menunjukkan kamu nggak profesional, nggak bisa menghargai waktu, serta nggak serius memandang wawancara ini.

Sebelum ada panggilan wawancara, kalau bisa, survei lokasi dulu. Supaya, kamu bisa memperkirakan waktu menuju ke sana, tanpa telat.

Nah, itu dia beberapa jenis perkataan yang jangan sampai keluar saat kamu interview kerja. Hindari!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak