alexametrics

4 Cara Elegan Menghadapi Teman Bermuka Dua, Tak Perlu Pakai Emosi!

Latifah ..
4 Cara Elegan Menghadapi Teman Bermuka Dua, Tak Perlu Pakai Emosi!
Ilustrasi bertopeng. (pexels.com/thomas vanhaecht)

Meski ada banyak manfaat pertemanan, misalnya, kamu jadi punya orang yang bisa diajak asyik bareng, melakukan berbagai hal menyenangkan, termasuk sama-sama saling menyemangati untuk mencapai impian. Akan tetapi, nggak semua teman dapat berpengaruh baik.

Yang mesti kamu waspadai, adalah jenis teman bermuka dua, yakni di depan kamu sikapnya manis, tapi di belakang ternyata menusuk atau menjelek-jelekkan. Istilah lainnya, musuh dalam selimut.

Untuk menghadapi teman seperti ini, nggak perlu emosi. Memang, kamu pasti kecewa dan marah karena orang yang sudah kamu percaya ternyata punya karakter pengkhianat. Ada cara elegan, lho, untuk mengatasinya. Yuk, disimak!

1. Batasi interaksi dengannya

Kamu nggak perlu sampai perang urat untuk menghadapi teman yang makan hati ini. Cukup batasi saja interaksimu dengannya, baik di dunia nyata, maupun di dunia maya. Gapapa, kalau di belakang, sikap buruknya makin menjadi-jadi akibat perubahan sikapmu yang kini dingin.

Semakin dia menjauh, malah semakin baik. Karena kamu nggak butuh tipe teman seperti itu. Biarlah dia dekat dengan sesamanya, orang-orang yang juga tipe bermuka dua.

2. Jangan ditanggapi ketika ia membicarakan hal-hal negatif

Kalau dia sedang berbicara padamu, dan topik yang diobrolkan adalah mengenai kejelekan orang lain, jangan ditanggapi. Semakin kamu menanggapi, semakin senang dia. Karena merasa punya teman untuk diajak ghibah.

Tak hanya itu, kalau kamu menanggapi ketika dia membicarakan keburukan orang lain, dan nantinya orang lain itu tahu, kamu bakal kena getahnya. Nggak mau, kan?

3. Jangan terlalu percaya dengan apa yang ia utarakan

Seorang pengkhianat, akan sulit untuk dipercaya. Maka dari itu, kamu nggak perlu menelan mentah-mentah segala omongannya. Lebih baik cari sumber lain yang lebih terjamin kredibilitasnya.

4. Jangan memberikan informasimu padanya

Kalau sudah tahu dia tipe bermuka dua, dan kamu nggak bisa benar-benar melepaskan diri darinya, misalnya kalian masih dalam satu kantor. Usahakan, jangan memberikan informasi pribadi padanya. Apalagi informasi berisi rahasia atau keburukanmu. Bisa bocor ke mana-mana dan dijadikan senjata untuk menjatuhkanmu.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menghadapi teman yang bermuka dua. Ingat, tetap kalem!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak