alexametrics

5 Langkah Detoksifikasi Pikiran, Hidup Jadi Lebih Tenang!

Riva Khodijah
5 Langkah Detoksifikasi Pikiran, Hidup Jadi Lebih Tenang!
Ilustrasi menulis (pexels/Min An)

Rutinitas sehari-hari dengan ragam masalah serta berbagai jenis orang yang kamu temui, tak jarang membuat pikiran jadi sering mumet. Kondisi tersebut, tak hanya berpengaruh terhadap produktivitas, melainkan juga kondisi mental. Kamu jadi sulit bahagia, karena selalu merasa nggak tenang.

Supaya hidupmu lebih damai, ada beberapa langkah detoksifikasi pikiran yang bisa kamu coba. Ingin tahu kelanjutannya? Yuk, disimak!

1. Lakukan unfollow

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan agar hidup jadi lebih tenang adalah mulai menyeleksi pergaulanmu. Nggak hanya di dunia maya, tapi juga di dunia nyata.

Mulai unfollow teman-teman yang hanya membuat hidupmu jadi sulit, sering stres, atau kerap menyebarkan aura negatif, misalnya sering mengeluh. Kemudian, follow mereka-mereka yang bisa menginspirasi, dan dapat membantumu menjalani hari dengan lebih positif.

2. Jangan terlalu banyak bersosialisasi

Bersosialisasi itu baik, karena memang kodratnya, manusia tercipta sebagai makhluk sosial. Jadi, nggak bisa hidup sendiri.

Akan tetapi, jangan berlebihan dalam bersosialisasi. Terlalu banyak teman, dan mengikuti berbagai acara, selain membuang-buang waktu, kamu pun jadi sulit untuk memberi waktu istirahat ke diri sendiri. Karena tiap orang butuh waktu menyendiri, supaya bisa rehat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan yang dihadapi.

3. Lakukan meditasi

Meski cuma beberapa menit, kebiasaan meditasi dapat membantumu untuk bisa fokus dan menikmati momen saat ini. Meditasi, cukup membantu membuat pikiranmu tenang, sehingga kesehatan mentalmu tetap terjaga.

4. Lakukan kontemplasi

Sesekali, kamu perlu untuk melakukan kontemplasi, apakah hidupmu saat ini sudah sesuai dengan yang kamu inginkan. Adakah hal-hal toksik, dan kamu membiarkan itu terjadi terus-menerus.

Dengan melakukan evaluasi, hidupmu jadi terarah, dan nggak mudah terombang-ambing. Kamu tahu apa yang ingin kamu jalani dalam hidup. Itu bisa memberi ketenangan batin.

5. Membiasakan menulis

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk detoksifikasi pikiran adalah dengan membiasakan menulis. Dengan menulis, kamu bisa mengeluarkan unek-unek, dan melihat permasalahan dengan lebih jernih.

Saat ditulis, kamu mampu melihat persoalan yang bikin mumet, dari sudut pandang orang ketiga. Sehingga, akan lebih mudah menemukan penyelesaiannya, karena dilihat dari perspektif berbeda.

Layaknya tubuh yang perlu detoksifikasi dari racun supaya bisa berfungsi dengan baik, begitu pun pikiran. Supaya, hidupmu jadi lebih tenang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak