alexametrics

5 Hal Ini Hanya Dilakukan oleh Orang yang Peduli dengan Masa Depannya

Riva Khodijah
5 Hal Ini Hanya Dilakukan oleh Orang yang Peduli dengan Masa Depannya
Ilustrasi pria sedang bekerja. (unsplash/@miquelena)

Kendati nggak ada satu pun yang bisa menjamin seperti apa masa depannya, akan tetapi, bagaimana kehidupan masa depanmu nanti, ditentukan oleh apa yang kamu lakukan saat ini. Itulah kenapa, orang yang peduli dengan masa depannya, nggak akan sembarangan berperilaku. Karena setiap hal yang dilakukan sekarang, akan ada konsekuensinya.

Berikut ini beberapa hal yang hanya akan dilakukan oleh orang yang peduli dengan kebaikan masa depannya sendiri. Apakah kamu termasuk? Yuk, segera dicek!

1. Memiliki impian

Dengan adanya impian atau tujuan, hidupmu jadi lebih terarah. Dari tujuan itu, kamu benar-benar memanfaatkan waktu dengan baik, untuk mencapai apa yang kamu mau.

Hal ini nggak akan dilakukan oleh orang yang hidupnya hanya mengikuti arus. Hidup jadi mudah terombang-ambing dan sering jadi korban dari perubahan zaman. Tentu kamu nggak mau, kan, hal tersebut sampai terjadi?

2. Punya penghasilan

Orang yang malas-malasan, bertahan terus dengan kondisi pengangguran, nggak ada usaha untuk setidaknya cari pekerjaan, adalah tanda orang yang nggak peduli dengan masa depan. Karena penghasilan ini, baik itu dengan menjadi karyawan, atau kamu berdagang kecil-kecilan, setidaknya dapat memenuhi kebutuhan diri sendiri.

Tak hanya itu, dari penghasilan yang didapat, kamu pun bisa mempersiapkan masa depan lebih baik. Bagaimana bisa memikirkan tabungan atau investasi, kalau bekerja saja, nggak mau atau banyak alasan?

3. Menabung dan berinvestasi

Hal lain yang juga dilakukan oleh orang yang perhatian dengan masa depannya, adalah menabung dan berinvestasi. Menabung, tujuannya sebagai dana darurat, sehingga bila terjadi hal tak terduga, keuanganmu tetap aman. nggak repot harus pinjam-pinjam uang.

Sementara berinvestasi, tujuan supaya kamu bisa punya sumber pendapatan lebih dari satu. Sehingga, kondisi finansialmu aman. Apabila satu sumber pendapatan bermasalah, kamu masih ada sumber pendapatan lainnya. Kamu memiliki kebebesan finansial!

4. Kemauan untuk belajar

Dengan ilmu, bisa membantumu melakukan sesuatu dengan lebih mudah, dan meminimalkan kegagalan. Selain itu, lewat ilmu, wawasanmu pun semakin berkembang. Dan ini, akan berguna dalam berbagai segi kehidupan.

5. Memanfaatkan waktu dengan baik

Orang yang peduli dengan masa depan, sadar, bahwa waktu itu nggak bisa kembali. Kalau sudah terbuang, ya sudah, nggak bisa diputar lagi.

Itulah sebabnya, kamu nggak membuang-buang waktu. Selalu memanfaatkan waktu dengan baik, untuk melakukan hal-hal positif.

Nah, dari poin-poin tadi, apakah kamu termasuk yang peduli dengan masa depanmu sendiri?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak