alexametrics

Ingin Perubahan dalam Hidup? Jauhi 4 Kebiasaan Toksik Berikut Ini!

Riva Khodijah
Ingin Perubahan dalam Hidup? Jauhi 4 Kebiasaan Toksik Berikut Ini!
Ilustrasi sedang frustrasi. (unsplash.com/Christian Erfurt)

Bosan dengan perubahan yang begini-begini saja, dan nggak ada kemajuan? Ada kalanya, kamu sulit maju, karena ternyata menyimpan kebiasaan buruk yang toksik.

Supaya hidupmu berubah ke arah lebih baik, yuk, kenali kebiasaan toksik apa saja, yang meski kamu buang jauh dari sekarang. Baca terus sampai habis!

1. Kebiasaan membandingkan diri

Tak perlulah membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Manfaatnya apa? Kalau kamu ingin meniru sukses orang lain, tiru kerja keras serta metode suksesnya. Tapi, jangan sampai timbul iri hati, atau malah jadi menghakimi diri karena belum sukses seperti mereka.

Kebiasaan ini, malah bikin hidupmu jadi makin terpuruk. Karena akibat membandingkan, kamu jadi nggak percaya diri lagi. Kalau sudah nggak pede, ada peluang emas pun, nggak akan kamu ambil, karena sudah merasa rendah diri.

2. Takut keluar dari zona nyaman

Tiap orang punya keterbatasannya sendiri-sendiri. Ada yang terbatas dengan uang, waktu, kesehatan, dan sebagainya. Namun, takut keluar dari zona nyaman, adalah keterbatasan hakiki, yang jadi sumber kenapa hidupmu nggak berkembang.

Bagaimana kamu mau naik level, kalau nggak berani untuk mencoba hal baru. Gimana nasibmu mau berubah, kalau nggak berani untuk cari pekerjaan dengan gaji lebih besar, atau setidaknya harus sedikit lebih lelah, demi mencari uang tambahan.

3. Menyalahkan orang lain atau faktor luar atas kegagalan

Kamu nggak akan pernah belajar, bila setiap kegagalan yang dialami, selalu menyalahkan orang lain atau faktor luar. Padahal, jika mau mengakui kegagalan, ada banyak hikmah yang bisa dipetik, dan itu mendorong progress hidupmu.

4. nggak punya tujuan hidup

Kamu akan sulit untuk berkembang, kalau nggak ada tujuan hidup. Jalannya hidupmu jadi benar-benar dikendalikan oleh faktor eksternal, dan itu yang bikin hidupmu jadi stagnan.

Cobalah berani untuk menetapkan impian, dan berusaha meraihnya. Sekalipun gagal, kamu sudah berani keluar dari zona nyaman. Dan jika kamu konsisten terus berusaha, lama-lama impianmu akan tercapai juga.

Semoga dari uraian tadi, sekarang kamu jadi tahu, bahwa kebiasaan buruk di atas yang bikin hidupmu sulit berubah. Yuk, perbaiki diri dengan membuang jauh-jauh kebiasaan tadi, dimulai dari sekarang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak