alexametrics

Mau Menghentikan Kebiasaan Buruk? Coba Ikuti 3 Langkah Ini!

Latifah ..
Mau Menghentikan Kebiasaan Buruk? Coba Ikuti 3 Langkah Ini!
Ilustrasi wanita sedang tersenyum. (pexels/@olly)

Menghilangkan kebiasaan buruk bukanlah perkara mudah. Karena kebiasaan tersebut terjadi akibat sikap yang diulang-ulang terus dalam jangka waktu lama. Tentu untuk menghapus kebiasaan buruk, nggak bisa mengharapkan hasil cepat.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan jika ingin menghilangkan kebiasaan buruk. Yuk, simak lebih lanjut pembahasannya!

1. Mengenali diri sendiri

Sering kali, karena sudah terbiasa, kamu jadi nggak sadar sedang melakukannya. Misalnya, kebiasaan buruk berpikir negatif.

Hal pertama yang mesti kamu lakukan, adalah berusaha mengenali diri sendiri. Kalau perlu, buat catatan, kapan saja kebiasaan buruk itu hadir. Selain bisa lebih menyadarkanmu, dengan menuliskannya, kamu juga bisa mengamati apa yang jadi pemicu.

2. Buat aturan yang mesti dipatuhi

Bila sudah tahu, kebiasaan buruk apa saja yang mesti kamu ubah, serta kapan saja itu umum terjadi, langkah selanjutnya adalah membuat tindakan mengenai itu. Bikin aturan ketat untuk mencegah kebiasaan buruk tersebut terjadi.

Sebagai contoh, kamu punya kebiasaan buruk tidur larut malam, sehingga esok harinya selalu kesiangan, atau kalaupun tepat waktu, nggak bisa maksimal di kantor, karena mengantuk. Tentukan, kapan sebaiknya kamu tidur.

Setelah itu, sesuai kegiatanmu, untuk bisa mematuhi aturan yang telah kamu buat. Misalnya, jika ingin tidur jam 10 malam, maka kalau sudah jam 9, nggak boleh lagi menonton video online, karena biasanya, kamu keterusan sampai berjam-jam. Ganti dengan aktivitas lain, misalnya membaca buku.

3. Memberikan self-reward

Mengambil contoh kasus di atas, tentu nggak mudah, untuk membiasakan diri tidur jam 10 malam, padahal biasanya, baru tidur jam 1 pagi. Tapi, kalau kamu berhasil melewati itu dengan konsisten, coba berikan hadiah pada diri sendiri.

Tak perlu mahal, cukup lakukan hal yang bisa membuat hatimu senang. Hal tersebut berguna sebagai wujud apresiasi diri, supaya kamu tetap bersemangat untuk terus melakukannya.

Mengubah kebiasaan yang sudah dilakukan bertahun-tahun memang cukup menantang. Asalkan kamu melakukannya dengan disiplin, dan ada motif kuat di baliknya, misalnya kamu perlu berhenti begadang supaya nggak mendapat surat peringatan dari atasan karena selama ini sering banget telat. Jika disiplin dan motif kuat kamu miliki, kebiasaan burukmu itu pasti akan hilang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak