alexametrics

4 Jenis Ketakutan yang Umum Dialami saat Menginjak Usia 20, Siapkan Mental!

Riva Khodijah
4 Jenis Ketakutan yang Umum Dialami saat Menginjak Usia 20, Siapkan Mental!
Ilustrasi wanita sedang merenung. (unsplash.com/Sane Sodbaya)

Menginjak usia 20, kamu pun sadar, sudah nggak berada di fase kanak-kanak lagi. Sebentar lagi, kamu akan memasuki fase orang dewasa dengan berbagai tanggung jawab yang menyertai.

Tentu ada ketakutan tersendiri, apakah nanti kamu bisa menjalani masa dewasa itu dengan baik, lalu seperti apakah masa depanmu nanti.

Nah, berikut ini, akan dikemukakan beberapa jenis ketakutan yang kerap menghiasi orang yang menginjak usia 20. Yuk, simak terus!

1. Ketakutan akan gagal

Rasa takut pertama yang kerap menghantui mereka yang baru berusia 20, adalah ketakutan akan gagal. Khawatir jika pekerjaan yang saat ini ditekuni membuat mereka stagnan, atau studi yang sedang dijalani saat ini nggak bisa maksimal.

Ingat, ketakutan itu kalau dibiarkan menguasai pikiran, akan membuat berbagai kekhawatiranmu itu nyata. Maka dari itu, geser rasa takut akan gagal, dengan keberanian diri dan harapan.

2. Takut berbeda dari orang-orang sekitarmu

Menjadi berbeda memang tak mudah. Namun, jika memang hal tersebut adalah definisi dirimu, maka nggak perlu memaksakan diri untuk mengikuti orang-orang sekitar. Jika sejak dari sekarang sudah terlatih untuk nyaman menjadi diri sendiri, nantinya, kamu akan menarik orang-orang yang mampu menerima dirimu apa adanya, dan tulus menyayangimu.

3. Takut nggak punya pasangan

Hal yang kerap membayangi mereka yang menginjak usia kepala dua, adalah persoalan asmara. Melihat teman-teman sudah punya pasangan, kemudian merasa rendah diri karena menganggap kalau kamu itu “Nggak laku”.

Kamu mesti sadar, ada pasangan atau enggak, tidak berpengaruh pada kebahagiaanmu. Karena bahagia itu lahir dari diri sendiri. Meski saat ini kamu sudah punya pasangan, tapi kalau sering diliputi rendah diri, maka hubunganmu akan menjadi relasi yang nggak dewasa.

4. Takut akan masa depan

Masa depan itu bukan untuk ditakutkan, tapi dipersiapkan. Dengan kamu hanya mengkhawatirkan masa depan, nggak menjadikan masa depanmu nanti akan baik.

Daripada hanya takut saja, mending kamu melakukan aksi. Buat rencana hidup, sehingga kamu punya tujuan nanti mau seperti apa masa depanmu. Dan persiapkan saat sekarang. Yang sedang belajar, gali ilmu dengan sungguh-sungguh. Yang sedang bekerja, bekerjalah dengan profesional, dan serap ilmu yang kamu dapat di lapangan, karena akan berguna nantinya.

Itu dia beberapa hal yang kerap ditakutkan oleh mereka saat menginjak usia 20. Siapkan mental, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak