alexametrics

3 Jenis Ketakutan yang Jadi Penghambat Kesuksesan, Cepat Sadar!

Riva Khodijah
3 Jenis Ketakutan yang Jadi Penghambat Kesuksesan, Cepat Sadar!
Ilustrasi sedang frustrasi (unsplash/Christian Erfurt).

Di antara emosi yang paling sering jadi penghambat sukses dalam hidup adalah ketakutan. Rasa takut ini bisa menghalangimu mengambil berbagai kesempatan emas, yang akhirnya menunda sukses. Sayang kan peluang itu harus terlewat begitu saja?

Tentu kamu mau kan untuk bisa sukses dengan segera? Oleh sebab itu, yuk kenali beberapa jenis ketakutan berikut ini, supaya kamu bisa berani melangkah. Simak baik-baik!

1. Rasa takut terhadap penolakan

Jenis rasa takut ini pernah dialami siapapun, nggak hanya dalam bidang pekerjaan, tapi juga dalam sisi hubungan.

Di antara kamu mungkin ada yang pernah urung menyatakan rasa suka pada gebetan, akibat takut ditolak. Akhirnya, sekarang kamu cuma bisa melihat dari jauh, gebetanmu sedang mesra bersama pasangannya.

2. Takut dengan kegagalan

Meski kegagalan sudah bagian dari kehidupan, namun, banyak yang merasa takut dengannya. Karena memang, gagal itu menimbulkan rasa tak nyaman. Sebab ini pula yang membuatmu memiliki berada di zona nyaman, daripada harus merasakan pahitnya kegagalan.

Bila kamu ingin sukses, mau tak mau, suka tak suka, harus menerima, bahwa kamu pasti akan mengalami gagal. Nggak ada sejarahnya orang yang sukses itu langsung berhasil. Pasti gagal dulu.

3. Ketakutan pada ketidakpastian

Rasa takut akan ketidakpastian di masa depan, membuatmu urung berinvestasi, khawatir, kalau nanti rugi gimana. Ketakutan ini pula yang membuatmu nggak berusaha untuk mencari pekerjaan baru, meskipun sudah benci dan nggak tahan dengan pekerjaan saat ini.

Kamu khawatir dengan ketidakpastian, takutnya malah mendapat hasil yang nggak diinginkan. Tapi jika ketakutan ini terus kamu turuti, hidupmu nggak bakal maju-maju. Karena kamu terlalu takut untuk mengambil risiko. Padahal, orang-orang yang sukses, sudah terkenal sebagai pengambil risiko.

Jalan kesuksesan itu tidaklah mudah. Namun, ada banyak hal positif yang bisa kamu dapat. Selain kelimpahan materi yang membuatmu dan keluarga bisa nyaman menjalani hidup, ada pula kepuasan batin dalam dirimu, karena sudah berusaha keras dan mengalahkan ketakutan. Jadi, jangan biarkan ketakutan itu menghambat suksesmu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak