alexametrics

Bukan Cuma Buat Kulit, Hyaluronic Acid Juga Bermanfaat untuk Rambut

Zahra Azria
Bukan Cuma Buat Kulit, Hyaluronic Acid Juga Bermanfaat untuk Rambut
Illustrasi rambut sehat. (Pexels).

Sekarang ini Hyaluronic Acid terdengar familiar karena sering muncul dalam berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit. Popularitas Hyaluronic Acid berkaitan dengan sifat humektannya.

Humektan dapat mempertahankan kelembapan, sehingga bisa menjadi tambahan yang tepat untuk kulit kering. Hyaluronic Acid cenderung memberikan reaksi kulit yang sedikit dibandingkan bahan perawatan kulit umum lainnya.

Mungkin kamu sudah tau manfaat Hyaluronic Acid untuk kulit, tetapi tahukah kamu bahwa Hyaluronic Acid juga bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut loh.

Bagaimana Manfaat Hyaluronic Acid Bagi Rambut?

Disadur dari Healthline, menurut dokter kulit Dr. Beth Goldstein, Hyaluronic Acid dapat menyerap berat dalam air sehingga menambah kelembapan pada folikel rambut. Hal itu menjadikan rambut lebih halus dan tidak terlalu kusut.

Seiring bertambah usia, rambut mungkin akan terlihat lebih kering dan tipis karena kekurangan Hyaluronic Acid secara alami.

Suplemen atau vitamin perawatan rambut yang mengandung Hyaluronic Acid berkhasiat untuk membantu merevitalisasi rambut, membantu folikel rambut untuk mengunci kelembapan, meningkatkan tampilan dan tekstur rambut secara keseluruhan, menghilangkan keriting, dan berpotensi menambah volume pada rambut. 

Goldstein menjelaskan bahwa menambahkan formula Hyaluronic Acid  ke rutinitas perawatan rambut, tidak serta merta dapat menghentikan kerontokan rambut yang ada. Namun ada juga beberapa orang yang mengklaim Hyaluronic Acid dapat mengurangi kerontokan pada rambut.

Jika kamu memiliki masalah kulit kepala yang kering, Hyaluronic Acid juga dapat membantu melembabkan area yang bersisik dan kering.

Potensi Efek Samping Hyaluronic Acid untuk Rambut

Tidak ada bukti yang menunjukan efek samping penggunaan Hyaluronic Acid pada rambut. Para ahli menganggap Hyaluronic Acid sangat aman untuk kulit dan rambut.

Kamu juga tidak mungkin memiliki alergi atau sensitivitas, karena tubuh manusia secara alami sudah memproduksi Hyaluronic Acid.

Jika menggunakan Hyaluronic Acid dalam bentuk suplemen dan mengonsumsinya dalam keadaan hamil atau menyusui, menderita kanker atau riwayat kanker, kamu bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelumnya.

Pilih Produk Sesuai Kebutuhanmu

Saat memilih produk perawatan rambut, Goldstein merekomendasikan untuk memilih produk yang juga mengandung bahan penguat, seperti keratin, kolagen, jojoba atau minyak argan.

Dia juga menyarankan untuk memilih produk tanpa bilas, seperti kondisioner atau serum, gunanya untuk meningkatkan konsentrasi Hyaluronic Acid di rambut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak