alexametrics

Viral Dijadikan Konten, Ternyata Ini Manfaat Sarang Burung Walet bagi Tubuh

Zahra Azria
Viral Dijadikan Konten, Ternyata Ini Manfaat Sarang Burung Walet bagi Tubuh
Burung Walet (Envato Element by DennisJacobsen)

Cuitan akun Twitter atas nama @thiranosauruss mendapat belasan ribu likes karena konten sarang burung walet.  Dalam cuitannya, pemilik akun tersebut menulis secara tersirat alasan dirinya mundur dalam masalah percintaan karena perbedaan kedudukan sosial.

Sarang burung walet sendiri merupakan sarang yang berasal dari kumpulan air liur burung walet. Air liur burung walet tersebut sudah mengeras dengan sendirinya.  Jika dijual, sarang burung walet akan mendapatkan harga yang fantastis. Pasalnya, khasiat sarang burung walet begitu dahsyat bagi kesehatan.

Mengonsumsi sarang burung walet ternyata sudah menjadi budaya bagi orang Tiongkok sejak ratusan tahun lalu. Mereka sangat percaya akan khasiat sarang burung walet bagi kesehatan. Biasanya sarang burung walet disajikan dalam bentuk sup.

Sup sarang burung walet tidak hanya lezat, namun juga merupakan santapan yang bergizi bagi berbagai kalangan usia. Secara umum sarang burung walet memiliki manfaat antara lain bagus untuk kesehatan kulit, baik untuk wanita hamil dan juga kesehatan bayi.

Atap rumah VS atap sarang burung walet. (Twitter/@thiranosauruss)
Atap rumah VS atap sarang burung walet. (Twitter/@thiranosauruss)

Mengutip Goldennest, guna mengetahui komposisi dan khasiatnya, sarang burung walet telah diuji di banyak laboratorium. Di balik viralnya konten tersebut, ternyata begini manfaat sarang burung walet bagi kesehatan tubuh.

Sarang Burung Walet Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat penderita kanker menjalani kemoterapi maka sel baik maupun sel jahat akan terbunuh. Sel baik yang disebut “sel B” merupakan darah putih yang menghasilkan antibodi untuk melindungi tubuh dari penyakit. Karena sel B ini terkena dampak selama menjalani kemoterapi, penderita kanker menjadi lebih rentan terhadap semua jenis penyakit.

Sebuah studi dilakukan pada 2016 oleh sekelompok peneliti China. Mereka mencari tahu manfaat sarang burung walet bagi sistem kekebalan tubuh. 

Dalam percobannya, mereka melakukan radiasi pada tikus, setelah itu mereka memberi makan sarang burung walet sebagai metode pemulihannya.

Hasil penelitian menunjukan hasil yang baik, sarang burung walet yang dapat dikonsumi memiliki jenis protein tertentu di dalamnya. Protein itu dipercaya dapat mempercepat pembentukan sel B yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sarang Burung Walet Mengandung Enam Hormon Penting

Air liur yang terdapat di dalam sup sarang burung walet mengandung berbagai hormon. Dua di antaranya mungkin tak asing di telinga kita, yakni hormon testosteron dan estradiol. Khasiat dua hormon tersebut sudah diuji dengan baik.

Testosteron adalah hormon pria yang diproduksi dalam jumlah yang cukup banyak. Wanita juga bisa memproduksinya, namun tingkat produksinya jauh lebih rendah dari pria.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa testosteron dapat meningkatkan libido, mendorong pertumbuhan otot, mengurangi lemak, meningkatkan fungsi kognitif dan suasana hati, serta melawan depresi.

Kemudian, sarang burung walet yang dapat dikonsumsi juga mengandung estradiol, yang merupakan hormon sejenis estrogen. Menurut Drugs.com, estradiol mampu untuk mengobati gejala menopause, mencegah osteoporosis dan telah diimplementasikan ke dalam rencana perawatan untuk penderita kanker.

Ilustrasi rumah walet untuk proses pembuatan sarang burung walet (Envato Element by ThamKC)
Ilustrasi rumah walet untuk proses pembuatan sarang burung walet (Envato Element by ThamKC)

Sarang Burung Walet Mampu Meningkatkan Kesehatan Mata

Saat kornea pada mata mengalami cedera, akan terasa sangat menyakitkan, karena proses penyembuhannya terbilang lambat. Keratosit kornea bertanggung jawab untuk penyembuhan cedera pada kornea.

Keratosit berfungsi menjaga kornea tetap kuat dan mencegah mata menjadi keruh karena cedera atau penyakit lainnya.

Pada tahun 2011, peneliti dari Departemen Anatomi di Universitas Nasional Malaysia melakukan penelitian mengenai manfaat hormon burung yang ada di dalam sarang burung terhadap keratosit kornea

Mereka memadatkan sarang burung menjadi serum dan menyuntikkannya ke kelinci. Hasilnya menunjukan hal positif, dokter memperhatikan bahwa kelinci yang menerima sarang burung walet menghasilkan lebih banyak keratosit kornea.

Walaupun sarang burung walet mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, sarang burung walet juga bisa berbahaya jika tidak diproses dengan benar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak