alexametrics

Bikin Kecanduan, 4 Hal Ini Menandakan Kamu Harus Detoks Media Sosial

Latifah ..
Bikin Kecanduan, 4 Hal Ini Menandakan Kamu Harus Detoks Media Sosial
Ilustrasi tersenyum melihat HP (pexels.com/@olly)

Sudah bukan rahasia lagi kalau ponsel pintar bisa membuat kecanduan. Karena di dalamnya banyak sekali aplikasi yang bisa membuatmu sulit sekali berpisah dari HP. Mulai dari media sosial yang ada banyak jenisnya, hingga berbagai permainan yang bikin kamu betah berlama-lama di depan HP.

Lewat media sosial, memang banyak yang bisa kamu dapatkan. Informasi terkini, berita-berita yang sedang heboh, gosip, hingga ilmu yang bermanfaat.

Akan tetapi, penggunaan media sosial yang berlebihan, bisa berakibat buruk. Selain banyak membuang-buang waktu, kamu pun jadi sulit berkonsentrasi.

Berikut ini, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan kalau kamu sudah perlu melakukan detoksifikasi media sosial. Yuk, simak!

1. Kamu sudah tidak produktif

Hal pertama yang mengindikasikan bahwa penggunaan HP-mu sudah gak sehat, adalah memengaruhi produktivitas. Kini, kamu sudah gak produktif lagi. Banyak pekerjaan yang dulunya bisa kamu selesaikan dengan cepat, kini jadi lama, karena sering teralihkan melihat media sosial.

2. Kamu sering merasa stres

Gak semua informasi yang disajikan di media sosial bisa meningkatkan suasana hati. Malah umumnya, sebagian besar orang lebih tertarik dengan berita-berita yang menyebarkan aura negatif, dibanding positif, misalnya berita gosip. Hal ini akan membuat hari-harimu sering dilanda stres.

3. Sering membandingkan diri dengan orang lain

Kalau sudah sering membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, maka kamu wajib stop menggunakan medsos sementara waktu. Karena hal tersebut gak baik bagi kesehatan mental.

Terus-menerus membandingkan diri bisa membuatmu jadi pribadi yang sulit bersyukur. Tak hanya itu, kamu juga jadi rendah diri, akibat melihat teman-temanmu. Misalnya sudah sukses, sementara kamu merasa hidup biasa-biasa saja.

4. Kurang istirahat

Inilah kenapa sebelum tidur hendaknya menjauh dari HP. Selain bisa mengganggu kualitas tidur, juga bisa berdampak buruk bagi kuantitas tidurmu.

Karena keasyikan lihat medsos, kamu jadi lupa waktu. Yang harusnya sudah tidur, masih juga melek melihat berita yang sedang viral.

Nah, dari berbagai tanda tadi, mana saja yang sudah kamu alami? Jika itu sudah terjadi, mulai sekarang kamu perlu puasa dulu sejenak dari media sosial.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak