alexametrics

4 Ciri-ciri Wanita yang Tidak Percaya Diri, Kamu Salah Satunya?

Riva Khodijah
4 Ciri-ciri Wanita yang Tidak Percaya Diri, Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi wanita murung (unsplash/Ardalan Hamedani).

Ada banyak kerugian jika kamu tidak percaya diri. Bisa memengaruhi karier sehingga tidak berkembang, kamu jadi sulit bahagia, bahkan akan berdampak pula pada hubungan. Kamu bisa rentan terjerat pada hubungan asmara yang nggak sehat.

Untuk itu, yuk kenali ciri-ciri wanita yang tidak percaya diri. Supaya kamu bisa segera memperbaikinya. Simak sampai habis!

1. Bersikap defensif saat menerima kritik

Kalau ada orang yang nggak terima kritik dan marah-marah, itu bisa jadi tanda kalau dirinya nggak pede. Karena wanita yang percaya diri, sudah merasa nyaman dengan dirinya. Ketika ada saran, ia bisa bersikap terbuka.

Kalaupun nggak sreg dengan kritikannya, ia tetap menghargai pemberi kritik, apalagi kalau mereka mengungkapkannya dengan cara-cara sopan. Karena kritikan yang membangun, bisa menunjukkan bahwa orang tersebut peduli.

2. Selalu melihat kekurangan dirimu saja

Ciri lain dari wanita yang tak percaya diri adalah sulit untuk melihat kelebihan yang dimiliki. Hal yang tampak selalu kekurangan atau sisi negatif dari diri sendiri.

Sikap ini bisa timbul akibat menilai diri sendiri terlalu rendah. Padahal, bisa jadi orang lain justru menganggapnya sebagai role model dan kagum dengan kepribadiannya. Tapi, dirinya sendiri malah selalu berpikiran negatif.

3. Plinplan

Nggak ada yang suka dengan orang plinplan atau sulit mengambil keputusan. Kalaupun sudah buat keputusan, mudah sekali berubah akibat dipengaruhi orang lain.

Sikap plinplan seperti ini bisa terjadi akibat ia nggak merasa pede dengan pemikiran serta pertimbangannya. Makanya, jadi sering berubah-ubah.

4. Selalu memikirkan kesalahan di masa lalu

Tanda lain yang juga bisa mencirikan wanita nggak percaya diri, yakni sering memikirkan kesalahan atau kegagalan di masa lalu. Ini bisa terjadi, akibat dalam dirinya menuntut kesempurnaan dan tak menolerir kekurangan.

Itu dia beberapa ciri wanita yang nggak percaya diri. Apakah kamu termasuk? Kalau iya, coba diperbaiki. Misalnya, dengan sering-sering berpikir positif, menerima kekurangan diri, dan memaafkan diri sendiri ketika melakukan kesalahan atau ketika mengalami kegagalan. Ingat, nggak ada manusia yang sempurna. Jadi, pede aja!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak