alexametrics

5 Penyebab Komunikasi yang Baik Perlu Ada dalam Hubungan, Biar Tak Salah Paham

Rizki Putra
5 Penyebab Komunikasi yang Baik Perlu Ada dalam Hubungan, Biar Tak Salah Paham
Ilustrasi kencan (pexels/Katerina Holmes).

Bagaimanapun juga, komunikasi adalah hal penting untuk bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain, terutama bagi pasangan sendiri. Banyak orang sudah mengetahui hal ini, namun tidak diterapkan dengan baik.

Hal itu membuat hubungannya menjadi renggang, bahkan kandas karena komunikasinya sangat buruk. Oleh sebab itu, kamu harus tahu 5 penyebab pentingnya komunikasi secara baik yang perlu ada dalam menjalin hubungan dengan pasangan.

1. Supaya menghindari dari kesalahpahaman

Kalau kerap kali terjadi salah paham dalam hubungan asmara, tidak heran kalau terjadi konflik. Mungkin informasi yang diterima hanya sebatas, membuat pasanganmu terkadang salah mengartikannya.

Bahkan apabila sudah menjelaskan panjang lebar saja, masih ada orang lain yang masih belum paham atas topik informasi tersebut. Sebaiknya selalu mengomunikasikan secara dua arah, biar bisa lebih lancar mengetahui kemauan dan maksud masing-masing.

2. Mengurangi pertengkaran dan konflik

Sebagian orang akan memilih membiarkan atau tidak berniat untuk menuntaskan permasalah yang terjadi dalam hubungannya, agar tidak menjadi beban pikiran. Bahkan, hal ini sangat membuat pasanganmu sangat kesal karena sikapmu yang seperti itu.

Kalau kamu bisa menciptakan komunikasi yang baik, sangatlah membantumu untuk bisa menyelesaikan masalah secara berdiskusi, untuk mencari solusi bersama pasangan. Walaupun masalahnya terlihat besar, sikap saling mengomunikasikan dengan maksud dan keinginan yang jelas bisa membantu meminimalisir konflik berkepanjangan.

3. Supaya tidak ada yang ditup-tutupi satu sama lain

Ketika bisa membangun komunikasi yang baik dan membuat percakapan lebih menyenangkan, sehingga tidak ada perasaan yang ditutup-tutupi satu sama lain. Dengan begitu, bisa saling menceritakan keadaan masing-masing, dan saling membantu ketika ada kesulitan.

Dengan begitu, tidak ada yang perasaannya tersakiti kalau ada rahasia yang ditutup-tutupi. Membuat kamu dan pasanganmu hubungannya akan lebih romantis.

4. Lebih perhatian dan saling menyayangi

Kalau kamu sudah berkomunikasi baik dengan pasanganmu, pasti akan lebih mudah mengutarakan perasaan yang dalam hatimu. Seperti mengucapkan “I love you” atau “I miss you” kepada pasanganmu sendiri.

Tentu ini membuat pasanganmu lebih nyaman berada didekatmu, karena berani mengungkapkan perasaan secara berani. Hal ini yang bisa membangun rasa kepercayaan kepada pasanganmu.

5. Hubungan makin romantis

Di saat kamu dan pasangan lebih bisa berkomunitasi dengan baik atau sudah tidak canggung lagi, maka akan lebih nyaman dan romantis dalam menjalin hubungan asmara.

Tidak heran kalau hubungan terasa harmonis, karena satu sama lain sudah bisa saling percaya. Dibandingkan komunikasi yang buruk sering dilakukan, yang ada malah membuat hubungan sedikit lebih renggang.

Bagaimanapun juga, berkomunikasi yang baik salingatlah dibutuhkan dalam membangun hubungan sosial, maupun dengan pasanganmu. Kalau kamu merasa tidak menerapkannya, bisa lakukan cara di atas untuk bisa merasakan dampak positif, bukan kamu saja yang akan manfaatnya, tentu orang lain akan lebih nyaman dekat denganmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak