alexametrics

5 Dampak Untukmu yang Doyan Mengomentari Orang Lain, Jangan Dilakukan!

Rizki Putra
5 Dampak Untukmu yang Doyan Mengomentari Orang Lain, Jangan Dilakukan!
Ilustrasi menggunjing. (pexels.com/Keira Burton)

Memang kalau kumpul bareng teman-teman selalu saja mencari topik yang menarik, agar obrolan makin seru. Tidak heran kalau tiba-tiba malah nyerempet ngomongin, atau mengomentari hidup orang lain.

Tentunya melakukan hal ini tidak bermanfaat bagimu kalau tujuannya ingin menjatuhkannya. Maka dari itu, simak 5 dampak untukmu yang doyan mengomentari orang lain.

1. Membuang waktumu yang sangat berharga

Memang, mengomentari orang terkadang selalu membuat obrolan terasa lebih seru dan menyenangkan. Tapi banyak hal yang akan merugikan dirimu sendiri kalau sering melakukannya, salah satunya membuang waktumu yang sangat berharga.

Sebaiknya, hindari perbincangan yang konteksnya mencampuri kehidupan orang lain, agar kamu bisa tenang dengan pikiranmu sendiri. Sehingga kamu tidak harus membuang waktu dengan hal yang kurang bermanfaat.

2. Kamu suka menjatuhkan orang lain

Kalau yang dibicarakannya hal negatif dari orang lain, tentu kerap kali terucap kesannya menjatuhkannya. Hal itu seakan-akan sikap orang lain selalu salah di matamu.

Tidak heran kamu selalu menganggap hidupmu selalu berjalan mulus. Tanpa tahu keburukan sikap pada diri sendiri. Sebaiknya, berkomentarlah yang sifatnya membangun orang lain kejalan yang lebih baik, atau beri dukungan semangat kepadanya, daripada harus saling menjatuhkan.

3. Tidak menjadikanmu sebagai orang yang lebih baik

Ketika menganggap orang lain salah atau gagal di matamu, selalu saja ingin membahasnya kearah yang negatif. Menurutmu hal itu sangatlah seru untuk diobrolkan bersama teman-temanmu.

Tapi belum tentu orang yang menurutmu buruk, kenyataannya dia adalah orang lebih daik daripada kamu. Terkadang orang lain sangat mudah mengomentari, sampai-sampai tidak mengetahui keburukan dirinya sendiri.

4. Kamu akan menerima risikonya

Mungkin bagi sebagian orang mengomentari hidup orang lain adalah hal yang remeh dan mewajarkannya. Tentu saja karena itu membuat waktu berbincang-bincang jadi semakin menarik.

Tapi bagaimana kalau orang yang jadi bahan pembicaraan tersinggung atas sikapmu tersebut? Wah, tidak terbayang dia akan melakukan tindakan apa kepadamu, mungkin dia akan menjauhimu, atau bahkan melabrakmu. Terlebih lagi yang kamu bicarakan bukannya fakta, pasti dia bisa marah besar kepadamu.

5. Kamu adalah orang yang toxic

Kalau melihat orang lain ada yang salah, pasti kamu akan gatel untuk mengomentarinya. Tidak heran itu akan menjadi kebiasaan buruk bagi diri sendiri.

Ketika kamu sedang membicarakan keburukan orang lain bersama teman-temanmu, mungkin sebagian temanmu sadar bahwa kamu adalah orang yang toxic. Lambat laun dia akan menjauh darimu, karena sadar bahwa kamu orang yang tidak baik untuk kehidupannya.

Jika kamu saaat ini masih memiliki kebiasaan ini, yuk segera hindari! Karena tidak ada manfaatnya sama sekali bagimu, lebih baik untuk memberikan support kepada orang lain, dan memberikan saran atau solusi yang bisa membantunya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak