alexametrics

5 Kondisi yang Membuatmu Mudah Patah Hati, Perasaan Itu Tak Bisa Dipaksakan

Rizki Putra
5 Kondisi yang Membuatmu Mudah Patah Hati, Perasaan Itu Tak Bisa Dipaksakan
Ilustrasi patah hati. (pexels.com/RODNAE Productions)

Berharap atas perasaan orang lain untuk memiliki rasa suka yang sama seperti kita, namun kalau sebaliknya buat perasaan jadi patah hati. Tidak heran terasa akan menyesakkan dan kecewa terhadap diri sendiri dan juga orang lain.

Sebaiknya, jangan berharap banyak dan bisa mengontrol diri sendiri untuk tidak selalu berekspetasi lebih dengan orang lain. Oleh karena itu, kamu harus tahu 5 kondisi yang membuatmu mudah untuk patah hati, supaya kamu bisa menyikapinya.

1. Kondisimu selalu berharap pada orang lain

Kebiasaan selalu bergantung atau berharap dengan orang lain, pasti akan membuatmu tergesa-gesa untuk menunggu jawaban yang tidak pasti dari seseorang. Tentu akan membuatmu sangat kecewa karena balasan darinya tidak sesuai apa yang kamu inginkan.

Kalau sudah seperti ini, siapa yang disalahkan? Pastinya bukan orang lain, tapi dirimu sendiri yang terlalu berharap dari seseorang.

2. Berekspetasi tinggi kepada orang lain

Memiliki Ekspetasi yang tinggi adalah hal bisa membuatmu mudah untuk patah hati. Ketika kamu memiliki angan-angan untuk bisa merebut hati seseorang, respon darinya yang sangat baik membuatmu berekspetasi tinggi terhadapnya, bahwa dia memiliki perasaan yang sama sepertimu.

Namun, memberikan respon yang baik belum tentu tandanya dia memiliki perasaan yang sama sepertimu. Mungkin saja dia memang selalu bersifat seperti itu kepada semua orang. Setelah kamu sadar tentang sifatnya, baru deh kamu akan menyesal dan patah hati.

3. Perasaan itu tidak bisa dipaksakan

Banyak cara yang kamu lakukan untuk bisa merebut hatinya, hingga kamu banyak berkorban untuk memenuhi semua keinginannya. Tapi bagaimana kalau orang tersebut tidak memiliki perasaan yang sama sepertimu?

Hal ini perlu kamu ingat, kita tidak bisa memaksakan seseorang untuk bisa menerimamu, kalau dianya sendiri memang tidak ada perasaan apa-apa kepadamu. Tentu hanya dirimu sendiri yang banyak berkorban dibandingkan dia, pastinya kamu akan kecewa dengannya dan merasakan patah hati.

4. Gampang menaruh rasa percaya kepada seseorang

Nah, poin inilah yang kerap terjadi membuatmu sangat kecewa dan merasa sakit hati pada seseorang. Ketika kamu sudah nyaman dan telah menaruh rasa percaya kepada seseorang, namun dia menghianatinya demi keuntungan dirinya sendiri.

Wah, ini akan menjadi trauma tersendiri bagimu. Sehingga, mentalmu akan down akibat ulahmu sendiri yang terlalu mudah untuk menaruh rasa percaya kepada seseorang.

5. Berharap dia melakukan hal yang sama seperti apa yang kamu lakukan untuknya

Kamu sudah banyak berkorban untuknya, agar dia bisa bahagia ketika bersamamu. Namun, dia tidak melakukan hal yang sama selayaknya kamu membantunya, pasti kamu akan kecewa dan patah hati padanya.

Sebaiknya, melakukan sesuatu hal memang terkadang harus ada niat yang tulus dari dalam lubuk hatimu. Sehingga, kamu tidak ada pikiran meminta balasan yang setimpal kepadanya.

Penyebab mudah patah hati adalah karena kamu tidak bisa mengontrol perasaanmu sendiri. Dari ulasan di atas, kita bisa paham hal apa saja yang membuat perasaan jadi patah hati dan kita akan tergerak untuk menyikapi kejadian tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak