alexametrics

Ini 5 Kesalahan Pola Pikir Orang yang Takut Gagal, Segera Benahi!

Rizki Putra
Ini 5 Kesalahan Pola Pikir Orang yang Takut Gagal, Segera Benahi!
Ilustrasi putus asa. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang yang memiliki cita-cita untuk memiliki ambisi agar bisa mewujudkannya. Sehingga, mau untuk lebih bekerja keras meski banyak rintangannya.

Namun, tidak heran banyak yang gagal di tengah jalan, atau bahkan belum memulai sama sekali karena takut mengalami kegagalan. Maka dari itu, simak 5 kesalahan pola pikir orang yang takut gagal, supaya kamu bisa menyikapinya kalau ingin menggapai cita-citamu.

1. Kegagalan adalah hal yang memalukan

Hal yang wajar kalau kamu merasa kegagalan itu adalah hal yang memalukan. Tentu banyak orang akan menganggap suatu kegagalan bisa membuat kecewa dengan sendiri.

Namun, terkadang suka melupakan bahwa semua orang juga pernah merasakannya. Jadi tidak perlu gengsi untuk tetap berusaha jika memang perjalananmu memang akan menemukan kegagalan, pasti kamu akan mendapatkan kesuksesan yang kamu harapkan jika kamu mau tetap berusaha.

2. Kegagalan bukan hal yang menguntungkan bagimu

Banyak orang melihat kegagalan terkadang dari sisi kerugiannya saja, tanpa melihat sisi positif atau hikmah yang diterima. Padahal banyak sekali pembelajaran bagi kehidupan yang belum tentu bisa dirasakan oleh orang lain.

Sehingga, kamu tidak akan mengulang hal yang sama terjadi lagi. Dengan begitu, kamu lebih cekatan dan cerdas untuk mengambil keputusan disetiap langkah untuk meraih cita-citamu.

3. Mencoba hal baru sangat membuang waktu

Tidak heran banyak orang berekspetasi yang berlebihan pada sesuatu hal baru baginya. Karena takut akan kegagalan dan belajar hal baru, dia berfikir bahwa itu akan membuang waktunya.

Dicoba saja belum olehnya, sudah mengambil keputusan sesingkat itu. Manfaat belajar hal baru pasti kamu akan mendapatkan wawasan yang luas dan bisa mengajarkanmu konsisten untuk mengerjakan sesuatu hal, sampai kamu berhasil mencapai keinginanmu.

4. Mementingkan pendapat orang lain

Terlalu banyak pertimbangan disetiap hal yang ingin kamu kejar, terkadang insecure dengan pendapat orang lain terhadap apa yang sedang kamu lakukan. Hal ini tentu akan menunda untuk mencapai cita-citamu.

Perlu diingat, jangan selalu jadikan pendapat orang lain sebagai acuan kamu untuk mengambil langkah. Mungkin orang lain bisa saja menghinamu, bahkan mengabaikanmu, namun jangan jadikan hal ini sebagai penghambatmu untuk mengejar cita-citamu.

5. Menganggap kegagalan adalah cerminan terhadap diri sendiri

Kegagalan bisa membuat rasa percaya diri dan mental jadi down, tidak heran akan menganggap dirimu sendiri adalah kegagalan. Sebenarnya, kegagalan yang telah kamu alami itu bukan cerminan dirimu yang sebenarnya.

Maka dari itu, harus memiliki pola pikir bahwa kamu tidak diberikan kesuksesan dihari ini, tapi suatu saat nanti kamu akan mendapatkannya. Jangan pernah putus asa dengan keadaanmu saat ini, harus bisa bangkit dan mengejar cita-citamu.

Setelah memahami ulasan di atas, kita sadar bahwa pola pikir memiliki peran besar terhadap setiap langkah yang kamu tempuh. Maka dari itu, perbaiki pola pikirmu untuk bisa mengontrol diri agar bisa bangkit dari keterpurukan, dan fokus mengejar cita-citamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak