alexametrics

Lakukan 4 Cara Ini Saat Kamu Gagal Fokus Bekerja, Maksimalkan Waktu Tidurmu

Rizki Putra
Lakukan 4 Cara Ini Saat Kamu Gagal Fokus Bekerja, Maksimalkan Waktu Tidurmu
Ilustrasi mengantuk. (pexels.com/George Milton)

Kalau sudah kehilangan fokus ketika bekerja, memang membuatmu merasa malas atau kurang bergairah untuk melanjutkan mengerjakannya. Mungkin, sebagian orang sangatlah mudah kehilangan fokus terhadap sesuatu hal kecil.

Tentu diperlukan trik yang tepat dan membiasakannya secara rutin, agar tetap bisa konsentrasi. Maka dari itu, lakukan 4 cara ini saat kamu kehilangan fokus bekerja, tapi perlu diterapkan secara rutin, ya!

1. Mendengarkan musik instrumental

Ketika kamu mudah terpengaruh terhadap sesuatu hal, maka akan mengganggu untuk bisa fokus bekerja. Nah, kamu bisa mencoba mendengarkan musik instrumental supaya terhindari dari distraksi dengan sekelilingmu.

Kalau kamu mendengarkan musik yang memiliki lirik, kamu cenderung akan ikut bernyanyi, malah fokus terhadap liriknya bukan pada pekerjaanmu. Coba deh mendengarkan musik instrumental, pastinya akan membantu untuk bisa kembali fokus dengan kerjaanmu.

2. Jauhkan dari objek yang bisa mengganggu konsentrasi

Tidak heran kalau fokus kerjamu menjadi berkurang karena suatu objek, contohnya adalah ponsel. Jangan heran kalau pekerjaanmu makin menumpuk, karena kamu lebih mementingkan bermain media sosial dibandingkan tugasmu.

Maka dari itu, jauhkan dirimu dari sumber objek yang bisa mempengaruhi untuk meninggalkan pekerjaan. Jangan biarkan hal buruk ini terus dilakukan, yang ada kamu akan stres lantaran perkejaanmu banyak yang terbengkalai.

3. Cari suasana kerja yang tenang

Kalau kondisi suasana yang buruk pada kantor atau kamu sedang WFH, tentu bisa mengganggu konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Maka dari itu, segeralah cari suasana baru yang lebih tenang untuk kamu mengembalikan fokus berkerjamu.

Kalau kamu memaksakan diri bekerja di suasana yang buruk, tentu akan berpengaruh terhadap kualitas kerjamu. Daripada hasilnya buruk, lebih baik mencari tempat yang buat kamu lebih nyaman bekerja.

4. Siapkan kondisi tubuh yang fit

Kalau kamu sedang tidak fit, pasti akan mempengaruhi konsentrasi bekerja. Banyak hal yang membuat kondisi tubuh kurang bugar, salahnya kurang tidur atau kebanyakan begadang.

Sangat disayangkan kalau kamu kebiasaan melakukannya. Bukan kondisi tubuh saja yang dirugikan, tapi performa kerjamu akan menurun. Pastikan tidur yang cukup untuk bisa bertahan lama untuk fokus bekerja.

Bagaimanapun juga, kamu harus bisa mengatur pola kerjamu, supaya mendapatkan hasil performa yang maksimal. Maka dari itu, terapkan 5 cara di atas agar membantumu fokus bekerja, namun harus diterapkan secara rutin, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak