alexametrics

Ingin Menjadi Wanita yang Mandiri? 4 Keterampilan Ini Wajib Kamu Punya!

Latifah ..
Ingin Menjadi Wanita yang Mandiri? 4 Keterampilan Ini Wajib Kamu Punya!
Ilustrasi wanita karier. (pexels.com/Gustavo Fring)

Ada banyak keuntungan menjadi seorang wanita mandiri. Kamu jadi dihormati orang lain, hidupmu jadi nggak bergantung pada siapa pun, sehingga dapat lebih bebas menentukan keputusan, dan keuntungan-keuntungan lainnya.

Untuk menjadi wanita yang mandiri, ada beberapa keterampilan yang wajib kamu punya. Apa saja? Yuk, kita tengok bersama!

1. Keterampilan menjaga diri

Sebagai makhluk yang diciptakan dengan kondisi fisik lebih lemah dibanding lelaki, kaum perempuan kerap kali jadi sasaran tindak kekerasan. Baik itu di tempat umum, maupun saat menjalani hubungan.

Maka dari itu, penting sekali untuk membekali dirimu dengan ilmu bela diri, sehingga bisa menjaga diri sendiri, tanpa bergantung pada orang lain. Karena pasti pernah, kan, kamu harus beraktivitas sendirian? Kalau sudah bisa menjaga diri, setidaknya bisa lebih tenang jika ada pihak-pihak yang berniat jahat.

2. Skill keuangan

Walaupun uang yang kamu miliki adalah hasil jerih payahmu sendiri, nggak berarti bisa bebas dihambur-hamburkan begitu saja. Karena apa pun yang tak dikelola dengan baik, hasilnya nanti pasti berantakan.

Cobalah untuk bijak dalam mengelola uang. Saat ini, sudah banyak kok, media sosial yang membahas tata cara manajemen keuangan, sehingga uangmu nggak habis begitu saja. Tapi benar-benar dimanfaatkan dengan baik, demi kemajuan hidup dan masa depanmu.

3. Keterampilan dalam mengelola waktu

Setiap orang diberi jatah waktu yang sama, yakni 24 jam dalam sehari. Bagaimana mengelolanya, tergantung masing-masing. Ada yang bisa mengelolanya dengan baik sehingga bisa produktif, tapi ada pula yang malah sering membuang-buang waktu.

Sebagai wanita mandiri, kamu wajib paham bagaimana manajemen waktu, sehingga seluruh hidupmu bisa seimbang. Baik itu karier, pendidikan, percintaan, hubungan keluarga, dan sebagainya. nggak keteteran jadinya!

4. Keterampilan mengenal diri sendiri

Dengan kemampuan mengenali diri sendiri, kamu jadi tahu, hal-hal apa yang ingin kamu capai selama hidup, atau karier seperti apa yang ingin kamu raih. Hal itu akan membuatmu lebih mudah mengambil keputusan-keputusan hidup, sesuai dengan kata hati, nggak hanya mengikuti pendapat orang lain.

Tak hanya itu, dengan bisa mengenali diri sendiri, kamu pun mampu bahagia, meski sedang sendirian. Kamu nggak menaruh kebahagiaan dirimu pada pasangan, atau faktor luar lainnya.

Coba latih terus, ya, keterampilan-keterampilan tadi. Karena bisa menjadikanmu wanita yang mandiri!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak