alexametrics

4 Prinsip Hidup Ini Membuatmu Lebih Tenang dan Terhindar dari Tekanan

Rizki Putra
4 Prinsip Hidup Ini Membuatmu Lebih Tenang dan Terhindar dari Tekanan
Ilustrasi bercermin. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang pastinya ingin tenang dan jauh dari tekanan kehidupan. Namun, sepanjang perjalanan akan dihadapkan dengan banyak permasalahan yang harus mengeluarkan semua energi dan perasaan.

Sumber masalahnya justru datang dari diri sendiri, sehingga kamu akan memperumit keadaan yang kamu buat atas ulahmu itu. Maka dari itu, simak 4 prinsip hidup ini yang bisa membuatmu menjalani kehidupan lebih tenang dan terhindar dari tekanan.

1. Kerjakan sesuatu secara mandiri, kalau kamu sanggup mengerjakannya

Semakin bertambahnya umur, sudah jadi keharus untuk bisa lebih mandiri. Kalau kamu selalu terbiasa meminta bantuan orang lain, tentu akan kesulitan menghadapi permasalah seorang diri.

Apa lagi persoalan tentang pribadimu sendiri, pasti tidak nyaman kalau meminta bantuan orang lain. Sikap mandiri sangatlah membantumu dalam keseharian, sehingga kamu tidak ketergantungan dengan orang lain.

2. Kesehatan tubuh juga perlu dijaga

Setiap orang harus bekerja keras, kalau memang ingin menggapai tujuan dalam hidupnya. Namun, bukan berarti menyepelekan kondisi kesehatan tubuh, bekerja yang terlalu ekstra tanpa mempedulikan waktu istirahat.

Kalau terus-menerus melakukan ini, pasti kesehatanmu bisa terganggu, bahkan hidup bisa tidak tenang atau memiliki tekanan batin. Hal itu terjadi karena setiap orang membutuhkan keseimbangan dalam hidup, antara bekerja dengan istirahat.

3. Jangan takut kalau kamu memiliki pandangan yang berbeda dengan orang lain

Kalau kamu bisa menerima perbedaan, pastinya menjalani hidup bisa lebih tenang dan terhindar dari tekanan. Hal ini terjadi karena kita tidak bisa memaksakan orang lain untuk memiliki pendapat yang sama denganmu, setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda yang harus kamu hargai.

Kalau kamu terus-menerus beradu pandangan, yang ada menghabiskan waktu dan energimu secara sia-sia. Kalau pun perbedaan tersebut tidak merugikan orang lain, maka kamu harus bijak menerimanya.

4. Tidak perlu ambil pusing untuk mengomentari hidup orang lain

Kalaj hobinya selalu mengomentari, atau bahkan mencampuri urusan orang lain, tentu buat hidup menjadi tidak tenang dan mementingkan kehidupan seseorang. Namun, sampai-sampai lupa bahwa kehidupan diri sendiri saja sudah kewalahan.

Setiap orang memiliki pilihan hidupnya masing-masing, maka dari itu biarkan mereka menjalaninya sesuai apa yang dia inginkan. Namun, kalau orang terdekatmu terjerumus dalam hal buruk, tidak ada salahnya untuk mengingatkan atau membimbingnya ke jalan yang benar.

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk bisa menenangkan dirinya sendiri, ketika memiliki tekanan dalam hidup. Maka dari itu, jalani hidup ke arah yang positif dan menghindar dari hal buruk, supaya kamu bisa bahagia menjalankan kehidupan ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak