alexametrics

Lagi Bete? Inilah 5 Makanan Sehat Pengusir Bad Mood!

Ina Barina
Lagi Bete? Inilah 5 Makanan Sehat Pengusir Bad Mood!
Ilustrasi Makanan Sehat. (freepik.com)

Saat sedang bad mood, biasanya makanan akan menjadi pelarian terbarik untuk memperbaiki suasana hati. Nah, pastinya makanan manis, berlemak, ataupun tinggi kalori akan menjadi pilihan mayoritas orang yang sedang bad mood untuk membantu memperbaiki suasana hati.

Tapi, makanan-makanan tersebut tentunya justru memberi dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Daripada malah menumpuk penyakit, yuk simak makanan sehat apa saja yang mampu jadi pengusir bad mood untukmu :

1. Cokelat Hitam

Pasti sudah tidak asing dong dengan pernyataan bahwa cokelat adalah makanan favorit pilihan sejuta umat untuk mengusir bad mood? Nah, tapi nggak semua cokelat itu baik untuk kesehatan loh. Banyak produk cokelat yang beredar di pasar dan mengandung bahan tambahan seperti gula dan lemak yang tentunya tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan meskipun untuk mengusir bad mood.

Untuk itu, lebih baik memiliki cokelat hitam yang mengandung flavonoid tinggi dan gula tambahan yang lebih rendah. Cokelat hitam ini mungkin akan memiliki rasa yang sedikit pahit, tapi tenang saja karena makanan ini tetap bisa membuat suasana hatimu membaik.

2. Pisang

Buah yang kaya akan vitamin B6 ini bisa membantu mensintesis neurotransmitter perasaan baik seperti dopamine dan serotonin. Selain itu, jika dikonsumsi bersama serat, kandungan gula dalam buah pisah mampu dilepaskan perlahan ke aliran darah dan membantu menstabilkan gula loh.

3. Makanan fermentasi

Nah, makanan jenis ini pasti sudah tidak asing lagi kan untuk kamu? Ternyata selain memiliki manfaat kesehatan, makanan fermentasi juga bisa membantu memperbaiki suasana hati loh. Kimchi, Yoghurt, Kefir dan beberapa makanan fermentasi lainnya mengandung bakteri hidup yang baik untuk tubuh.

Probiotik baik tersebut mampu mendukung pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus. Tapi yang perlu dicatat adalah tidak semua makanan fermentasi mengandung probiotik yang baik loh! Jadi, pilih-pilih juga ya makanan fermentasi mana yang baik untuk kamu konsumsi dalam mengusir bad mood sekaligus menjaga kesehatanmu.

4. Beri-berian

Beri-berian diketahui merupakan makanan yang kaya akan antioksidan. Nah, ternyata makanan antioksidan ini mampu mengatasi peradangan yang berhubungan dengan depresi dan gangguan mood loh. Jadi, beri-berian ini diklaim mampu melawan penyakit sekaligus menurunkan risiko depresi atau memperbaiki suasana hati.

5. Oat

Sumber serat yang satu ini mampu membantu memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga pelepasan gula ke dalam aliran darah tidak terjadi spontan. Jadi, oat ini akan menjaga tingkat energimu tetap stabil loh. Zat besi yang ada di dalam oat ini juga bakal meningkatkan suasana hatimu.

Jadi, kalau kalian lagi bad mood, jangan asal ngemil ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak