alexametrics

3 Kiat Mengatasi Rasa Minder dalam Pergaulan, Selektif Memilih Teman!

Latifah ..
3 Kiat Mengatasi Rasa Minder dalam Pergaulan, Selektif Memilih Teman!
Ilustrasi pria murung (pexels.com/Rene Asmussen)

Minder atau tidak percaya bisa disebabkan banyak hal. Umumnya, sih, karena sering mendapat respons negatif dari sekitar. Misalnya, sering diremehkan atau dianggap tidak mampu. Trauma ini, yang kemudian membuatmu jadi hilang kepercayaan diri.

Jika terus dibiarkan, minder akan menghambat kehidupanmu dari berbagai sisi, gak hanya persoalan karier saja. Dalam hubungan percintaan pun, perasaan rendah diri, akan membuatmu sering berpikir negatif terhadap pasangan, maupun terhadap hubungan itu sendiri.

Agar kamu terbebas dari rasa minder, berikut ini beberapa cara mengatasinya, yang bisa kamu terapkan. Apa saja?

1. Selektif dalam memilih teman

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan untuk menghilangkan rasa minder, adalah lebih selektif dalam memilih lingkungan pertemanan. Teman-teman yang selama ini selalu bawa pengaruh negatif, atau kerap membuatmu rendah diri, mending jaga jarak dari mereka.

Memang, sebagai teman yang baik, sepatutnya untuk menegur jika kamu melakukan hal keliru. Namun, caranya pun harus baik. Terlalu sering mengkritik, terutama dengan cara yang gak tepat, misalnya di depan umum, atau dengan cara merendahkan, hal tersebut akan merusak kepercayaan dirimu.

2. Perbanyak berpikir positif

Apa yang selama ini kamu pikirkan, biasanya hasil dari kebiasaan. Terbiasa berpikir negatif, maka itulah yang akan kamu lakukan sehari-hari. Padahal, berpikir negatif ini adalah sumber dari perasaan minder yang kamu alami.

Mengubah kebiasaan memang sulit, tapi bisa dilakukan, asalkan kamu sabar dan punya kemauan yang kuat. Tiap kali kamu berpikir negatif, coba tuliskan, pemikiran apa saja itu, sehingga bisa diketahui pemicunya, dan kamu bisa menghindari pemicu tersebut.

Dengan mencatat berbagai pemikiran negatif, kamu juga bisa lebih aware terhadap apa yang ada di otakmu, sehingga bisa dengan sadar menggeser kebiasaan tersebut ke arah positif.

3. Fokus pada peningkatan diri

Rasa mindermu gak akan hilang, kalau cuma dijadikan bahan galau atau hanya dipikirkan doang. Mesti ada tindakan nyata untuk mengubahnya, salah satunya dengan berfokus pada upaya peningkatan diri.

Misalnya, selama ini kamu gak pede kalau harus presentasi di depan banyak orang. Coba diatasi, misalnya dengan melakukan persiapan materi presentasi yang benar-benar matang, sampai kamu menguasai materi tersebut, serta latihan sebelumnya. Sehingga, bisa mengurangi rasa gugup ketika kamu harus berbicara di depan banyak orang.

Semoga tips di atas bisa membantu, ya, untuk menghilangkan minder yang kamu rasakan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak