alexametrics

5 Kunci Sukses Menarik Hati Calon Mertua, Jangan Terlalu Banyak Omong!

Riva Khodijah
5 Kunci Sukses Menarik Hati Calon Mertua, Jangan Terlalu Banyak Omong!
Ilustrasi menantu dan mertua (pexels/@olly).

Sudah bukan rahasia lagi, bagaimana hubungan antara mertua dan menantu, bisa sangat berpengaruh dalam sebuah pernikahan. Bila hubungan antara menantu dan mertua bisa berjalan dengan harmonis, maka rumah tangga pun umumnya akan juga harmonis.

Namun, apabila hubungan antara mertua dan menantu nggak baik, mahligai rumah tangga bisa jadi nggak nyaman akibat selisih paham yang kerap terjadi. Oleh sebab itu, yuk pelajari kunci sukses menarik hati calon mertua, supaya nantinya mahligai kamu dan pasangan bisa berjalan dengan harmonis. Simak baik-baik!

1. Utamakan kejujuran

Ketika baru bertemu dengan calon mertua, pasti kamu akan ditanya bagaimana kalian berdua bisa bertemu dan akhirnya dekat. Usahakan ketika bercerita, selalu jujur apa adanya. Jangan dilebih-lebihkan, hanya supaya terdengar lucu atau seru.

2. Lakukan dulu 'riset' kecil

Layaknya sebelum kamu wawancara pekerjaan, pasti akan berusaha cari tahu dulu kan, mengenai perusahaan atau posisi yang kamu lamar. Supaya wawancara bisa berjalan lancar.

Sama halnya saat kamu akan bertemu dengan calon mertua. Usahakan cari tahu dulu karakter mereka seperti apa, apa yang disuka dan tak suka, sehingga kamu bersikap dengan tepat di depan mereka, dan meninggalkan kesan baik.

3. Perhatikan penampilan

Meski kamu cuek, jangan kebangetan saat kamu akan bertemu calon mertua. Karena melalui penampilan, orang bisa menilai, apakah kamu menghormati mereka atau nggak.

Saat bertemu calon mertua, usahakan pilih pakaian yang rapi dan nyaman. Jangan terlalu berlebihan, kalau memang acaranya kasual. Buat cewek, hindari berpakaian terlalu terbuka untuk menjaga kesopanan.

4. Jangan terlalu banyak bicara

Siapapun akan nyaman dengan lawan bicara yang berusaha mendominasi percakapan. Terlalu banyak omong, bisa membuat calon mertuamu jadi nggak respek.

Jadi, usahakan untuk berbicara pada porsi yang tepat, dan hindari berdebat. Jadilah pendengar yang baik, yang benar-benar bisa membuat calon mertua jadi merasa nyaman.

5. Jaga etika

Berusaha jaga etika, misalnya dengan bersalaman atau cium tangan calon mertua saat baru bertemu, bicara dengan tutur kata yang sopan, dan cobalah untuk berusaha membantu, kalau semisal kamu melihat calon mertuamu kerepotan. Misalnya, menawarkan calon ibu mertua membuatkan minuman.

Semoga tips tadi bisa membantu ya untuk menarik hati calon mertuamu, sehingga hubungan kamu dan pasangan nantinya bisa harmonis.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak