alexametrics

Ini 4 Pemicu Kebiasaan Buruk yang Membuatmu Mudah Minder

Rizki Putra
Ini 4 Pemicu Kebiasaan Buruk yang Membuatmu Mudah Minder
Ilustrasi menghindari dari teman (pexels.com/Keira Burton)

Rasa minder atau rendah diri tentu tidak harus diterima oleh diri sendiri. Sebenarnya, banyak penyebabnya seseorang bisa merasakan perasaan tersebut.

Mungkin, melakukannya secara tidak sadar, lalu menjadi kebiasaan sehingga membuatmu mudah rendah diri. Maka dari itu, simak 4 pemicu kebiasaan buruk yang membuatmu gampang minder, supaya bisa segera menyikapinya.

1. Selalu menganggap remeh diri sendiri dibandingkan orang lain

Kerap kali melihat teman-temanmu terlihat pandai dalam sesuatu hal, sehingga kamu menganggap diri sendiri remeh dibandingkan dengan mereka. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mudah minder dengan orang lain.

Penyebab lainnya kadang memposisikan diri sendiri sebagai orang yang paling lemah dibanding lingkungan sekitarnya, hal itu membuat mental menjadi down. Padahal diri sendirilah yang menyimpulkan hal tersebut, orang lain tidak mempermasalahkannya, bahkan tidak berpikiran sepertimu.

2. Fanatik mengagumi kelebihan orang-orang di sekitarmu

Berada di lingkungan orang yang telah sukses, malah membuatmu minder dengan pencapaian mereka. Lebih parahnya lagi, kamu merasa tidak layak untuk bergaul dengan mereka.

Sebenarnya, kamu sangat fanatik menganggumi kelebihan orang-orang di sekitarmu. Tapi kamu salah mengambil sudut pandang pemikiran, seharusnya kamu termotivasi dan ingin belajar dari mereka, bukannya malah minder.

3. Tidak ada keinginan untuk mengembangkan bakat yang kamu miliki

Kalau kamu mempunyai bakat padahal sudah banyak orang di sekitar mengakui kelebihanmu tersebut, tapi tidak diterima dengan baik oleh dirimu sendiri. Mungkin, penyebanya kamu tidak memiliki kepercayaan diri, merasa tidak mampu, atau bahkan parahnya terlalu malas untuk mengembangkan bakat yang dimiliki.

Sangat disayangkan kalau hal ini tidak dilanjutkan, semua kemampuanmu terbuang sia-sia. Kalau kamu mau untuk terus berusaha, tentu ini bisa menjadi jalan kesuksesanmu.

4. Kurang bersyukur dan selalu sibuk melihat ke atas

Selalu merasa kurang beruntung dibandingkan orang-orang di sekitarmu, membuatmu mernjadi kurang bersyukur atas apa yang sudah diperoleh selama ini. Terlebih lagi selalu sibuk melihat ke atas, tanpa tengok ke bawah karena masih banyak otang tidak seberuntung dirimu.

Perlu kamu ketahui, pada dasarnya perasaan minder itu muncul pada diri sendiri. Penyebabnya selalu berpikiran negatif tersebut, seperti ulasan di atas. Kalau lambat laun menjadi kebiasaan buruk bagi dirimu sendiri, segera perbaiki diri agar terhindar dari perasaan minder.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak