facebook

Mau Rambut Lurus Alami? Inilah 4 Tipsnya!

Ina Barina
Mau Rambut Lurus Alami? Inilah 4 Tipsnya!
Ilustrasi rambut lurus. (Pexels/Gabriel Antonio)

Sebagian orang pasti ingin memiliki rambut lurus yang bisa dijadikan untuk bergaya secara modis. Kadang, hal tersebut menjadi suatu kebutuhan yang penting. Hal ini tentunya karena rambut lurus akan lebih muda untuk ditata dan dibuat berbagai macam gaya, dibandingkan rambut ikal ataupun keriting.

Alhasil, orang-orang pun rela mengocek kantong demi mendapatkan rambut lurus idaman secara instan. Banyak yang memilih untuk menggunakan alat-alat elektronik yang mampu meluruskan rambut dengan suhu panas dan menggunakan bahan kimia.

Nah, metode ini nih yang justru membahayakan kesehatan rambut kita. Penggunaan suhu panas dan bahan kimia dapat berakibat pada rontoknya rambut secara berlebihan, rambut menjadi kering, dan kerusakan lainnya yang tentunya justru mengganggu penampilan.

Lalu, bagaimana cara menghindarinya? Yuk simak informasi berikut ini yang akan membantumu untuk meluruskan rambut dengan cara-cara yang lebih aman dan alami:

1. Menggunakan campuran susu dan madu

Susu dan madu merupakan dua bahan yang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Nah, hal tersebut juga berlaku untuk kesehatan rambut. Protein yang dikandung oleh susu mampu menambah kekuatan rambut sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Sementara madu, mampu menjadi pelembab alami yang membuat rambutmu berkilau indah.

Caranya gampang banget, kamu cukup ambil satu sendok makan madu dan dicampur deh sama susu. Kombinasi dari kedua bahan ini bisa kamu masukkan ke dalam botol semprot, lalu siap kamu gunakan. Semprot saja rambutmu dengan larutan itu setelah keramas, lalu biarkan selama beberapa menit sebelum kemudian dibilas.

2. Olahan buah pisang

Pisang diklaim memiliki nutrisi yang mampu membantu meluruskan rambut secara alami sekaligus memberikan nutrisi mendalam untuk rambut. Buah ini juga mampu membantumu mencegah kerusakan rambut seperti rambut kering.

Cara penggunaannya pun juga sangat mudah. Ambilah dua buah pisah yang sudah terlalu matang dan haluskan menggunakan garpu. Setelah itu, campurkan dengan madu, yoghurt, dan minyak zaitun masing-masing dua sendok makan. Blender campuran tersebut sampai halus, lalu siap deh digunakan dengan mengoleskannya secara merata pada rambut. Biarkan selama beberapa saat, setelah itu kamu bisa membilasnya.

3. Telur dan minyak zaitun

Bukan hal yang asing lagi kalua minyak zaitun merupakan bahan alami yang memiliki manfaat baik untuk rambut. Kandungan hidroksitirosol dan vitamin E dalam minyak zaitun memiliki struktur alami yang mampu memberi nutrisi baik untuk kesehatan rambut. Dicampur dengan telur yang mengandung vitamin, mineral serta asam lemak akan semakin mempermudah langkahmu untuk meluruskan rambut secara alami sekaligus meningkatkan kesehatan rambut.

Penggunaannya cukup campurkan dua butir telur dengan minyak zaitun, lalu oleskan secara merata pada rambutmu. Biarkan selama beberapa menit, kemudian cucila rambutmu dengan bersih.

4. Ekstrak lidah buaya

Sudah tidak asing bukan? Lidah Buaya dipercaya mampu mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan dapat membuatnya halus dan lembut. Tidak hanya itu, ekstrak lidah buaya ini mudah meresap kedalam helai rambut dan menjaga tingkat kelembapan kulit kepala.

Cara menggunakannya cukup campur setengah cangkir ekstrak lidah buaya dan minyak zaitun. Lalu, pijat rambut dan kulit kepalamu menggunakan campuran tersebut. Setelah itu, cucilah rambut dengan bersih.

Nah, itulah tadi tips meluruskan rambut dengan bahan-bahan alami. Cara pembuatan dan penggunaannya sangat mudah kan? Memang tidak seinstan menggunakan alat pelurus rambut, tetapi hasilnya akan lebih maksimal dan rambutmu akan tetap sehat.

sumber informasi:

halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak