alexametrics

4 Cara Menjadi Pemimpin yang Disegani, Harus Berani Menegur!

Rizki Putra
4 Cara Menjadi Pemimpin yang Disegani, Harus Berani Menegur!
Ilustrasi rapat kerja (pexels.com/Rebrand Cities)

Untuk menjadi seorang pemimpin memang terlihat gampang-gampang susah. Penyebabnya harus bisa mengendalikan suatu pekerjaan dan memberikan keputusan yang baik.

Oleh karena itu, harus bisa berkomunikasi dan memiliki ikatan yang kuat dengan anggota lainnya, supaya pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, simak 4 cara menjadi pempin yang disegani supaya bisa lebih efektif mengerjakan suatu project.

1. Menjalin hubungan baik dengan anggota lainnya

Tentu kemampuan pendekatan secara personal perlu diterapkan, supaya mengetahui setiap permasalah yang sedang dihadapi setiap anggotanya. Selain itu, bisa menanamkan sifat tanggung jawab dan rasa memiliki dalam project yang sedang dikerjakan.

Kalau kamu bisa lebih akrab dan membuat mereka nyaman, tentu akan membuat mereka segan terhadapmu. Maka dari itu, perlu sekali menjalin hubungan baik dan memperhatikan anggotamu.

2. Bersikap ramah dan juga tegas

Supaya mereka bisa patuh dengan kebijakan yang sudah ada, kamu mesti memperlihatkan ketegasanmu walaupun harus juga bersikap friendly. Sehingga, mereka akan paham untuk membedakan antara tanggung jawab dan hubungan personal.

Kalau mereka sudah akrab denganmu, tentu akan mudah diajak kerjasama dan berkordinasi denganmu. Selain itu, Sikap profesinalitas mereka bisa meningkat.

3. Memberikan apresiasi ketika mereka berhasil memperoleh pencapaian

Tentunya, sebagai pemimpin memang harus bisa memberikan support ketika mengerjakan project bersama. Nah, maka dari itu kamu perlu memberikan apresiasi juga disaat pekerjaan telah memperoleh pencapaian.

Cara ini harus diterapkan, agar mereka bisa merasa senang ketika jerih payahnya telah diakui oleh timnya. Selain itu, membuat suasana kerja semakin bersemangat untuk berkeja bersamamu.

4. Harus berani menegur

Tentu akan sangat merepotkanmu, jika ada anggota timmu yang kerap kali meremehkan sesuatu hal. Kalau itu membuat proses bekerja mengganggumu dan anggota lainnya, kamu harus berani menegur supaya dia sadar atas kesalahannya.

Namun, berikan juga masukan positif kepadanya, agar dia bisa belajar banyak ketika sudah ditegur olehmu. Sehingga, anggota timmu bisa lebih berhati-hati ketika sedang bekerja.

Sebagai pemimpin yang baik, harus menunjukkan rasa tanggung jawab untuk mengerjakan suatu project. Selain itu, harus bisa jadi contoh bagi anggota lainnya tentang pentingnya etos kerja. Tentunya, butuh waktu dan proses yang harus dilalui untuk menjadi seorang pemimpin yang disegani.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak