alexametrics

Bisa Merugikan Diri Sendiri, Ini 4 Kiat Mengatasi Stres di Tempat Kerja!

Riva Khodijah
Bisa Merugikan Diri Sendiri, Ini 4 Kiat Mengatasi Stres di Tempat Kerja!
Ilustrasi stres. (pexels.com//Karolina Grabowska)

Rutinitas yang sama tiap hari, tugas yang bertubi-tubi, adalah contoh penyebab kamu bisa mengalami stres di tempat kerja. Jika ini dibiarkan, nggak hanya berpengaruh pada kesehatan mental, tapi juga kondisi fisik. Misalnya, kamu jadi sering sakit karena daya tahan tubuhmu lemah akibat sering merasa tertekan.

Stres di tempat kerja, jika tidak segera diatasi, juga bisa menurunkan produktivitas. Akibatnya, performa kerjamu jadi menurun, sehingga posisimu jadi terancam. Tentu kamu nggak mau itu sampai terjadi, kan?

Nah, untuk mengatasi stres di tempat kerja, ada beberapa kiat yang dapat kamu lakukan. Yuk, simak pembahasannya lebih lanjut!

1. Jangan menunda pekerjaan

Hati-hati, lho, menunda pekerjaan bisa jadi salah satu sumber stres. Kenapa? Karena kamu jadi mengerjakan tugas dengan terburu-buru akibat sudah dikejar deadline. Padahal, kalau kamu nggak menunda, kamu bisa menyelesaikannya dengan lebih santai dan lebih maksimal.

Demi kebaikan dirimu sendiri, mulai sekarang hentikan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Kalau bisa dilakukan sekarang, ya, selesaikan! Jangan tunggu nanti-nanti.

2. Bikin tempat kerjamu jadi lebih nyaman

Tempat kerja yang berantakan, bisa bikin pikiranmu makin mumet, lho. Maka dari itu, coba rapikan dan bersihkan tempat kerjamu jadi nyaman. Jika memungkinkan, misalnya posisi meja kerjamu dekat jendela, taruh jenis tanaman kecil, misalnya sukulen untuk pemanis dan penyegar mata.

3. Mendengarkan musik

Saat istirahat, kamu bisa mendengarkan musik sambil santai. Sebaiknya, waktu istirahat benar-benar kamu maksimalkan untuk rehat. Karena tubuh dan pikiranmu butuh itu, lho, supaya bisa selalu berfungsi normal dan nggak mudah tertekan.

Meski mendengarkan musik bisa membuat pikiranmu jadi rileks, hindari melakukannya saat jam kerja. Bisa-bisa, kamu disemprot atasan karena dibilang nggak profesional.

4. Banyak gerak

Cara ampuh lain untuk meminimalkan stres, adalah dengan banyak gerak. Misalnya, setelah bangun pagi, rutin berolahraga ringan. Saat menuju kantor, coba berjalan kaki sebentar.

Selain itu, buat kamu yang pekerjaannya di balik meja, dan lebih banyak duduk, coba deh, beri waktu jeda. Misalnya setiap satu jam duduk, lakukan peregangan atau berjalan-jalan sebentar. nggak hanya melemaskan otot yang kaku, pikiranmu juga jadi lebih segar.

Selamat mencoba tips tadi!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak