alexametrics

4 Alasan Mengapa Kamu Tak Ingin Berteman dengan Mantan, Bukan Dendam!

Riva Khodijah
4 Alasan Mengapa Kamu Tak Ingin Berteman dengan Mantan, Bukan Dendam!
Ilustrasi wanita mengecek HP (pexels.com/mikoto.raw Photographer).

Ada sebagian orang yang bisa bersikap biasa saja dengan mantan. Bahkan masih berteman baik seolah-olah dulunya nggak pernah mengalami hubungan yang gagal.

Namun, ada pula yang memilih untuk tak berteman dengan mantan kekasih. Bukan karena dendam atau rasa benci, melainkan sikap tersebut didasari oleh beberapa alasan berikut ini. Apa saja?

1. Sulit untuk menetralkan perasaan

Alasan pertama kenapa kamu tak ingin berteman dengan mantan, adalah kamu masih sulit untuk menetralkan perasaan. Karena bagaimanapun, kalian dulunya pernah saling cinta dan mesra.

Maka dari itu, sekarang harus dibalikkan lagi menjadi teman layaknya kemesraan dulu tak pernah terjadi, itu sulit kamu lakukan. Oleh sebab itu, kamu memilih zona aman dengan tidak berhubungan dengannya, meski sekadar teman. Hal yang penting untuk kamu tahu, di dalam hatimu tak tersimpan benci.

2. Khawatir akan selalu terbayangi masa lalu

Kamu sadar dengan kondisi dirimu sendiri. Kalau terus berhubungan dengannya, kamu jadi teringat terus dengan peristiwa masa lalu. Baik yang indah, maupun yang pahit.

Khawatirnya, kalau ini kerap terjadi, kamu jadi sulit move on. Selalu terbayang masa lalu, sehingga tak bisa berfokus pada masa kini dan masa depan.

3. Tak mau tergoda menjalin hubungan kembali

Ada sebagian orang yang bisa memberi kesempatan kedua pada mantan, ada pula yang benar-benar menutup kesempatan tersebut, dan tak mau lagi menjalin hubungan kembali akibat kesalahan mantan yang sangat fatal, misalnya akibat perselingkuhan.

Alasan inilah yang kemudian membuatmu tak berteman dengan mantan. Khawatir, kalau kamu terus berhubungan baik dengannya, akan tumbuh perasaan cinta yang dulu sempat bersemi. Sementara, kamu pun sadar, bahwa dia pernah melakukan kesalahan yang sama sekali tak bisa ditoleransi. Ini yang membuat hubungan jadi rumit. Jadi, mending fokus dengan kehidupan masing-masing sajalah.

4. Tak ingin direpotkan lagi olehnya

Selama berhubungan dulu, mantan tipe yang sangat manja dan selalu bergantung padamu. Makanya, setelah hubungan kalian berakhir, kamu nggak mau lagi berteman baik dengannya. Rasanya sudah cukup direpotkan saat kemarin-kemarin masih jadi pasangan. Sudahlah, biar dia merepotkan orang lain saja.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa kamu tak mau berteman dengan mantan. Mengalami hal yang sama?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak