alexametrics

Rambut Rontok? Ini Dia Tips Mengatasinya Secara Alami!

Ina Barina
Rambut Rontok? Ini Dia Tips Mengatasinya Secara Alami!
Ilustrasi Permasalahan Rambut Rontok (Pixabay)

Bagi kebanyakan orang, rambut adalah mahkota. Hal tersebut yang membuat banyak orang rela melakukan berbagai perawatan rambut guna mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, serta terhindar dari berbagai permasalahan rambut.

Salah satu permasalahan yang mengganggu adalah rambut rontok, kondisi yang sering dikhawatirkan berlebih karena takut mampu menimbulkan kebotakan. Permasalahan rambut rontok sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kekurangan nutrisi vitamin D, ketidakseimbangan horman, masalah tiroid, stress, dan lain sebagainya.

Tapi tenang saja, rambut rontok bisa diatasi melalui beberapa cara alami kok. Ini dia tips alami mengatasi ataupun mengantisipasi rambut rontok :

1.  Penuhi Nutrisi

Rambut itu juga butuh nutrisi loh, jadi lebih baik ketahui nutrisi yang dibutuhkan rambutmu supaya tidak terjadi permasalahan rambut. Nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut adalah vitamin dan mineral, dimana dapat diperoleh dari buah, sayur, protein dan kacang-kacang. Serta konsumsilah banyak air untuk menjaga kelembapan rambut.

2.  Masker dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang membantu mencegah rambut kehilangan protein, sehingga menggunakannya sebagai masker dapat membantumu atasi permasalahan rambut. Kamu cukup gunakan masker minyak kelapa pada rambutmu kemudian pijatlah rambutmu selama beberapa menit dan bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

3.  Pijatan pada Kepala

Memberikan pijatan pada kepala secara lembut dan rutin 1-2 kali seminggu juga dapat membantumu merangsang kulit kepala dan meningkatkan aliran darah ke folikel. Selain itu, tips ini juga bisa membuat pikiranmu lebih rileks loh.

4.  Bilas Rambut dengan Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin yang dapat mengurangi dihidrotestosteron (DHT) yang merupakan hormon untuk mengecilkan folikel rambut. Cara merawat rambut menggunakan teh hijau pun terbilang sangat mudah, dimana kalian cukup membilas rambut kalian dengan teh hijau dan diamkan selama beberapa waktu. Kemudian, kalian biasa bilas menggunakan air bersih.

5.  Oleskan Jus Bawang

Mengoleskan jus bawang pada rambut dan kulit kepala ternyata mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala loh. Mengapa bisa begitu? Karena ternyata, jus bawang mengandung belerang yang tinggi. Nutrisi baiknya mampu membantu pertumbuhan Kembali rambut pada orang dengan kerontokan yang merata.

6.  Hindari Penggunaan Alat Panas

Ini nih yang harus kalian hindari. Penggunaan catokan, hair driyer ataupun alat panas lainnya nyatanya mampu memberi permasalahan untuk rambutmu loh. Lebih baik, kamu biarkan saja rambut basahmu kering dengan sendirinya secara alami, dibandingkan mempertaruhkan kesehatan rambutmu.

Itulah tadi tips alami yang mampu mengatasi permasalahan rambut rontok, sekaligus sebagai langkah preventifnya. Ingat ya, semakin baik kamu merawat rambutmu dan memberinya nutrisi, bukan hanya rambut rontok yang bisa kamu atasi. Permasalahan rambut lainnya seperti rambut kering, mudah patah, rusak, dan lain sebagainya juga mampu dihindari dan diatasi dengan cara yang tepat.

Sumber: Halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak