alexametrics

4 Tips Self Love yang Bisa Kamu Lakukan untuk Hidup Bahagia!

Ani Roisatul
4 Tips Self Love yang Bisa Kamu Lakukan untuk Hidup Bahagia!
Ilustrasi mengapresiasi diri sendiri, self love. (Freepik/wayhomestudio)

Biasanya penyebab dari sulit bahagia disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu melihat kelemahan fisik diri sendiri, tidak percaya diri pada penampilan, sulit menerima kritikan dari orang lain, atau bahkan setelah diselingkuhi sama pasangan hingga menyebabkan seseorang akan tetap terus mencari-cari kesalahan yang ada pada diri sendiri.

Untuk mengatasi sikap seperti itu dapat dilakukan dengan melalui cara-cara berikut ini:

1. Mementingkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum mementingkan orang lain

Sering terjadi pada seseorang untuk menyenangkan orang lain hingga lupa akan kebahagiaan dirinya sendiri. Padahal, yang seharusnya kamu lakukan terlebih dahulu adalah mencintai dan menyenangkan diri sendiri. Mencintai diri sendiri bukan berarti sikap yang menunjukkan keegoisan terhadap orang lain.

Akan tetapi, itu merupakan salah satu bentuk self love atau mencintai diri, agar kamu lebih merasa tenang, nyaman, dan cukup dengan apa yang ada di dalam dirimu sekarang.

2. Mengenali diri sendiri dan mengetahui tujuan hidupmu

Suatu hal yang penting untuk memperoleh kebahagian dan ketenangan hidup adalah dengan cara mengenali diri sendiri. Seseorang memiliki kebahagiaan yang berbeda-beda, jadi kalau kamu sendiri tidak tau apa tujuan dari hidupmu selama ini tentu akan merasakan kegelisahan, kegundahan, keresahan, dan tidak tau arah.

Untuk mengetahui siapa kamu, sesuatu tentang kamu, hal yang kamu inginkan, dan bagian tersembunyi yang ada di dalam diri, dapat kamu lakukan dengan cara meditasi dan refleksi diri. Sebelumnya, kamu harus mencari kondisi yang tenang agar waktu meditasi dan refleksi dapat berjalan dengan maksimal.

3. Meyakinkan diri sendiri bahwa kamu pantas untuk dicintai

Seringkali kamu atau bahkan aku terlalu mementingkan kemauan orang lain hingga lupa bahwa diri sendiri juga butuh untuk dicintai. Ada yang mengatakan “Cintai dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain”, bahkan sering terjadi akibat dari seseorang yang kurang mencintai diri sendiri hingga akhirnya memiliki problematika dalam hubungan percintaan.

Seseorang yang kurang mencintai diri sendiri akan cenderung menilai pasangan dari sisi buruknya dan terus-terusan overthingking setiap saat. Pada saat seseorang mencintai diri kita, itu akan memudahkan kita untuk mencintai diri sendiri. Maka perlu untuk diketahui apakah hubungan percintaan yang selama ini kamu alami sudah sehat atau malah berada di dalam hubungan yang toxic.

4. Mengapresiasi kepada diri sendiri atas usaha yang telah dilakukan

Melalui apresiasi diri berarti kamu telah menghargai usaha yang dilakukan selama ini.  Usaha seseorang akan terbayarkan jika mereka telah menyadari betapa hebatnya dirinya selama ini dan bisa bertahan serta berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai keinginannya walaupun tidak semuanya bisa terpenuhi.

Untuk mengapresiasi diri sendiri bisa dilakukan dengan hal kecil seperti memuji diri sendiri setiap saat, sering melakukan self healing dan menyisihkan waktu untuk me time serta memberi reward untuk diri sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak