alexametrics

Jadi Syarat Utama Sukses, Ini 4 Tips Melatih Diri Supaya Bisa Disiplin!

Latifah ..
Jadi Syarat Utama Sukses, Ini 4 Tips Melatih Diri Supaya Bisa Disiplin!
Ilustrasi pria sukses. (pexels/@olly)

Dalam bidang apa pun, syarat utama dalam meraih kesuksesan adalah kedisiplinan. Karena orang yang disiplin, mau suasana hati sedang bagus atau enggak, tak akan memengaruhi kinerjanya. Tugas tetap harus diselesaikan.

Sementara orang yang nggak disiplin, hanya rajin kalau mood sedang bagus saja. Tapi, kalau suasana hati nggak enak, dibiarkan saja tugasnya itu terlantar.

Berita bagusnya, kedisiplinan ini bisa dilatih. Kalau konsisten melakukannya, kamu jadi terbiasa untuk menerapkan hidup yang disiplin. Berikut ini beberapa tips melatihnya:

1. Tentukan tujuan

Kamu akan sulit menerapkan disiplin, kalau tak ada tujuan atau target yang sudah kamu tetapkan sebelumnya. Dengan adanya tujuan, kamu jadi bisa lebih fokus dan menghilangkan berbagai hal nggak penting yang menghabiskan waktu dan energimu. Tapi ingat, jangan cuma buat tujuan doang. Tapi, juga berkomitmen untuk melakukan dan menyelesaikannya, ya!

2. Tidak menunda pekerjaan

Langkah selanjutnya supaya kamu terlatih menjadi pribadi yang disiplin, adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan. Biasakan, kalau memang kamu bisa mengerjakannya sekarang, jangan tunggu nanti, meskipun tenggat waktunya masih lama.

Kamu nggak bisa memprediksi masa depan. Sekarang, sih, waktumu lapang. Tapi, siapa menduga, nanti, ketika hendak menyelesaikan tanggung jawabmu, ternyata ada hal lain yang menyita waktu. Akhirnya, tugas pun jadi terbengkalai.

3. Bertanggung jawab

Kamu juga mesti sadar, bahwa hidupmu adalah tanggung jawabmu sendiri. Kalau kamu malas-malasan, maka jangan harap kehidupanmu akan bersinar. Dan nggak bisa menyalahkan siapa pun, selain kamunya yang malas.

Dengan menyadari bahwa setiap individu punya tanggung jawab, kamu jadi nggak sembarangan memperlakukan waktu yang kamu punya. Benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

4. Mulai dari hal kecil dulu

Melatih disiplin memang sulit. Kuncinya sabar dan konsisten. Untuk melatihnya, coba dari hal yang kecil dulu. Misalnya, disiplin bangun pagi. Kalau dari yang kecil sudah terbiasa, perlahan tingkatkan ke disiplin diri yang lebih sulit.

Meskipun melatih diri untuk disiplin itu berat, tapi akan terasa manfaatnya. Hidupmu jadi lebih teratur dan nggak berantakan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak